ITS Luncurkan Mobil Otonom Tanpa Pengemudi Bernama iCar


Selasa,18 Agustus 2020 - 09:06:34 WIB
ITS Luncurkan Mobil Otonom Tanpa Pengemudi Bernama iCar Sumber foto liputan6.com

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya berhasil mengembangkan mobil yang bisa dikendarai tanpa pengemudi. Mobil ini dijuluki iCar ITS (Intelligent Car ITS).

Dilansir dari laman liputan6.com, Soft launching iCar ITS dilakukan tepat pada HUT Kemerdekaan RI yang ke-75, Senin, 17 Agustus 2020 Hadir secara virtual dalam acara itu Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro.

Menristek mengapresiasi buah karya para ilmuwan ITS itu. "Berbicara mengenai inovasi, tentunya saya sangat mengapresiasi dan sangat bangga terhadap Bapak rektor dan segenap jajaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang tidak henti-hentinya terus menghasilkan penelitian dan inovasi yang tidak hanya canggih namun bermanfaat bagi masyarakat," ujar Menteri Bambang dalam rilisnya, Senin (17/8/2020). Bambang berharap inovasi ITS ini kedepannya bisa lebih disempurnakan. Pihaknya berkomitmen akan terus mendukung upaya dari para ilmuwan untuk berinovasi.

"Dimulai dengan mobil golf dan harapan berikutnya semakin disempurnakan dan memakai teknologi 5G sehingga unsur keamanan dan kenyamanan semakin baik. Kami dari Kemenristek/BRIN akan selalu mendukung semua upaya penelitian, upaya untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Serta inovasi yang nantinya bisa membawa Indonesia menuju negara maju di 100 tahun kemerdekaan kita pada 17 Agustus 2045," ujar Menteri Bambang.

Mobil otonom ini merupakan purwarupa mobil otonom hasil kolaborasi dari peneliti-peneliti di ITS dari berbagai bidang keahlian. iCar ITS dioperasikan sebagai mobil komuter yang melayani perjalanan dalam kampus ITS.

Dapat Dipanggil Melalui Ponsel

Civitas akademika ITS dapat memanggil mobil ini dengan menggunakan aplikasi pada smartphone, kemudian iCar ITS akan datang secara otomatis dan mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan. Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor untuk memastikan sistem dapat berjalan tanpa pengemudi namun tetap menjamin keselamatan penumpangnya.

iCar ITS dilengkapi dengan sistem GPS (Global Positioning System) dengan ketelitian tinggi, sensor LIDAR digabungkan dengan kamera untuk mendeteksi objek di sekitar mobil otonom, serta berbagai sensor lain untuk mendeteksi kecepatan dan orientasi mobil iCar ITS. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]