10 Makanan Pengencer Darah Alami, Lancarkan Sirkulasi


Selasa,25 Agustus 2020 - 08:58:22 WIB
10 Makanan Pengencer Darah Alami, Lancarkan Sirkulasi Sumber foto liputan6.com

Makanan pengencer darah alami bisa membantu mencegah proses penggumpalan darah. Pembekuan darah adalah mekanisme alami yang penting untuk tubuh. Jika mengalami luka, pembekuan darah penting untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat penyembuhan.

Dilansir dari laman liputan6.com, tapi, darah yang menggumpal terlalu banyak bisa menyebabkan komplikasi. Darah kental dan gumpalan darah di arteri bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti kelainan pembekuan darah dan kelainan jantung bawaan memerlukan obat pengencer darah. Beberapa jenis makanan bisa bertindak sebagai pengencer darah alami dan membantu mengurangi risiko penggumpalan.

Namun, zat ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat antikoagulan resep sepenuhnya. Penting untuk berbicara dengan dokter sebelum mencoba pengobatan ini. Ini karena mengonsumsi makanan pengencer darah bersamaan dengan obat pengencer darah bisa memicu pendarahan. Berikut 10 makanan pengencer darah alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(25/8/2020).

Makanan pengencer darah alami

Kunyit

Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan pengencer darah atau antikoagulan. Senyawa ini bekerja untuk menghambat komponen faktor pembekuan untuk mencegah pembentukan gumpalan.

Jahe

Jahe adalah bahan alami anti inflamasi yang dapat menghentikan penggumpalan dan pengentalan darah. Jahe mengandung salisilat yang dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung. Asam asetilsalisilat, yang secara sintetis berasal dari salisilat dan biasanya disebut aspirin, dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung.

Untuk mendapatkan efek antikoagulan dari salisilat alami, Anda bisa menggunakan jahe segar atau kering secara teratur dalam masakan atau minuman. Jahe juga dikenal bisa mengurangi peradangan dan melemaskan otot.

Bawang putih

Bawang putih bisa bekerja sebagai pengencer darah alami. Itu sebabnya, konsumsi bawang putih dan suplemennya tidak disarankan bagi orang yang sedang dalam pengobatan warfarin atau obat pengencer darah. Bawang putih juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Ini dapat mengurangi risiko pembentukan plak dan penyakit jantung.

Kayu manis

Kayu manis dan cassia mengandung coumarin, zat yang kerap digunakan sebagai antikoagulan yang kuat. Kayu manis juga bisa bertindak sebagai pengencer darah alami. Kayu manis juga dapat menurunkan tekanan darah dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh artritis serta kondisi peradangan lainnya. Namun konsumsi kayu manis dalam jangka panjang dan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati, oleh karena itu pastikan untuk menggunakan bahan ini dengan cukup.

Ikan dan minyak ikan

Ikan dan minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Asam lemak ini terbukti memiliki efek pengencer darah. EPA dan DHA bertindak sebagai pengencer darah dengan cara menghambat pembentukan zat yang mendorong pembentukan bekuan darah. Sumber makanan EPA dan DHA antara lain ikan berlemak, seperti cod, salmon, sarden, tuna, dan mackerel.

Cabai rawit

Cabai rawit tinggi salisilat dan dapat bertindak sebagai agen pengencer darah yang ampuh. Manfaat lain darai cabai rawit adalah menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi sensasi nyeri. Menambahkan cabai rawit ke dalam menu makanan sehari-hari atau dalam bentuk suplemen, dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Vitamin E

Vitamin E mengurangi pembekuan darah dengan beberapa cara. Tubuh menggunakan vitamin E sebagai antioksidan untuk membantu melawan kerusakan sel. Efek pengencer darah ini tampaknya bergantung pada dosis, yang berarti efek tersebut mungkin tidak signifikan pada konsentrasi rendah.

Vitamin E ditemukan dalam sejumlah makanan, termasuk biji-bijian, minyak biji gandum, minyak almond, minyak bunga matahari, kuning telur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Vitamin E telah diteliti memiliki efek antikoagulan ringan. Ini sebabnya orang yang mengonsumsi obat pengencer darah disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin E.

Ginko blioba

Ginkgo biloba merupakan herbal yang terkenal di Tiongkok. Tanaman ini kerap digunakan untuk gangguan darah dan memori. Ginkgo mengencerkan darah dan memiliki efek fibrinolitik. Ini berarti ginko blioba bisa melarutkan gumpalan darah. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah gingko memiliki efek positif terkait pembekuan darah.

Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur mengandung antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi. Ekstrak biji anggur juga dapat bertindak sebagai pengencer darah alami. Bagi orang yang memiliki kelainan darah, mereka yang menggunakan obat pengencer darah, dan orang yang akan menjalani operasi tidak boleh mengonsumsi ekstrak biji anggur.

Bromelain

Bromelain merupakan enzim yang ditemukan pada nanas. Enzim ini fektif untuk penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengencerkan darah, memecah gumpalan darah, dan mengurangi pembentukan gumpalan. Enzim ini juga juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]