Daftar Terbaru 8 Calon Vaksin Corona Paling Menjanjikan di Dunia


Selasa,01 September 2020 - 09:34:53 WIB
Daftar Terbaru 8 Calon Vaksin Corona Paling Menjanjikan di Dunia sumber foto inet.detik.com

Dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin Corona yang ampuh. Inilah 8 kandidat paling menjanjikan. Memasuki kuartal keempat 2020, artinya para ilmuwan semakin dekat menuju akhir tahun. Inilah target dimana vaksin Corona semestinya sudah selesai di tahap uji klinis.

Dilansir dari laman inet.detik.com, ada puluhan calon vaksin Corona dari seluruh dunia, namun WHO mencatat hanya 8 vaksin yang kemajuannya paling menggembirakan. Hal ini diungkap WHO dalam laporan bulanan Draft Landscape of COVID-19 Candidate Vaccines tertanggal 28 Agustus 2020.

Saat dilihat detikINET dari laporan resmi WHO Selasa (1/9/2020) disebutkan ada 33 calon vaksin dalam tahap uji klinik. Lalu ada 143 calon vaksin dalam tahap pra-klinik. Dari 33 calon vaksin Corona yang dalam tahap uji klinik, ada 8 yang tercatat sudah memasuki uji klinik fase 3 atau tahap akhir mendekati selesai. Inilah daftar 8 calon vaksin Corona paling menjanjikan:

1. University of Oxford / Astra Zeneca

Calon vaksin mereka jenisnya adalah non-replicating viral vector dari adenovirus simpanse yang disebut ChAdOx1 yang memproduksi antibodi dan pertahanan imun, 1 kali dosis. Calon vaksin ini sedang dalam tahap 2 dan 3 sekaligus.

2. CanSino Biological Inc. / Beijing Institute of Biotechnology

Calon vaksin mereka juga non-replicating viral vector dari Adenovirus Type 5 Vector (Ad5), 1 kali dosis. Tahap dua berhasil menunjukan respons kekebalan yang kuat. Meski dalam tahap 3, calon vaksin ini sudah dapat izin untuk penggunaan awal di China.

3. Gamaleya Research Institute

Rusia secara mengejutkan mengumumkan punya calon vaksin Corona dari Gamaleya dengan model non-replicating viral vector dari Adeno-based (rAd26-S+rAd5-S), 2 kali dosis. Vaksin ini tahu-tahu sudah dalam tahap 3.

4. Sinovac

Sinovac mengembangkan calon vaksin dengan metode inactivated atau virus dilemahkan dalam 2 kali dosis. Namanya CoronaVac dan berhasil menunjukan respons kekebalan dalam uji awal.

Vaksin Corona ini bekerja seperti vaksin influenza dan membutuhkan booster agar makin efektif. Sinovac kini dalam uji klinik fase 3 dan berkolaborasi dengan Bio Farma untuk produksi di Indonesia.

5. Wuhan Institute of Biological Products / Sinopharm

Sinopharm berkolaborasi dengan Kimia Farma untuk memasok vaksin Corona di Indonesia. Di China, Sinopharm bekerja sama dengan 2 institusi. Yang pertama dengan Wuhan Institute of Biological Products.

Calon vaksin mereka adalah virus yang dilemahkan (inactivated) dalam 2 kali dosis. Uji klinik pada para relawan menunjukan respons kekebalan tubuh. Sekarang lagi dalam fase 3.

6. Beijing Institute of Biological Products / Sinopharm

Sinopharm juga punya kolaborasi dengan Beijing, selain Wuhan. Metodenya sama, virus yang dilemahkan dalam 2 kali dosis. Cara kerjanya seperti vaksin influenza dan butuh boosters.

7. Moderna / NIAID

Dari Amerika ada Moderna dan NIAID yang mengembangkan calon vaksin dengan model RNA yaitu vaksin Messenger RNA (mRNA). Ini adalah jenis vaksin model baru yang dirancang menghasilkan kekebalan dengan mengenalkan gen khusus yang menargetkan sel. Gen ini nantinya menghasilkan antibodi yang mengikat virus jahat COVID-19. mRNA diberikan dalam 2 kali dosis dan sedang dalam fase 3.

8. BioNTech / Fosun Pharma / Pfizer

Terakhir, kandidat vaksin Corona paling menjanjikan juga menggunakan vaksin mRNA. Uji klinik fase awal berhasil memunculkan antibodi dan sel imunitas melawan COVID-19. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]