6 Minuman Pendamping Sarapan yang Baik untuk Kesehatan


Rabu,02 September 2020 - 08:51:50 WIB
6 Minuman Pendamping Sarapan yang Baik untuk Kesehatan Sumber foto liputan6.com

Minuman pendamping sarapan juga penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi di pagi hari. Selain pilihan makanan saat sarapan yang sangat penting untuk menyokong energi untuk seharian penuh, minuman pendamping sarapan juga penting diperhatikan.

Dilansir dari laman liputan6.com, pemilihan minuman pendamping sarapan bahkan dapat membantu asupan nutrisi, menjaga kecukupan energi, hingga menghindari risiko kegemukan atau obesitas. Mengonsumsi minuman yang baik untuk kesehatan saat sarapan akan menjaga hidrasi tubuh.

Minuman pendamping sarapan yang baik untuk kesehatan penting untuk dikonsumsi. Hindari beberapa minuman yang malah dapat menyebabkan dehidrasi, seperti minuman bersoda, minuman berenergi, minuman beralkohol, hingga kopi jika dikonsumsi saat perut kosong. Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Rabu (2/9/2020) minuman pendamping sarapan.

Air Putih

Air putih merupakan minuman yang wajib dipenuhi kebutuhannya setiap waktu, baik saat sarapan, makan siang, hingga makan malam. Tidak hanya untuk menjaga hidrasi tubuh, segelas air putih yang diminum sebelum makan mampu menjaga porsi makan agar tidak berlebihan. Setiap orang dewasa dianjurkan untuk minuman setidaknya 2 liter air setiap harinya. Jika kurang dari itu, ada potensi turunnya konsentrasi dan tubuh rentan dehidrasi. Oleh karena itu, minum air putih tentunya juga sangat baik dijadikan sebagai minuman pendamping sarapan.

Susu

Salah satu minuman pendamping sarapan yang baik untuk kesehatan adalah susu. Mengonsumsi susu di pagi hari mungkin sudah diterapkan beberapa orang. Hal ini karena susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan rasanya juga digemari banyak orang.

Segelas susu rendah lemak setidaknya mengandung 8 gram protein sebagai zat pembangun dan penyokong otot, 0,2 gram lemak sebagai sumber energi, serta mampu memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian. Kamu bisa mengonsumsi jenis susu sapi atau susu berbahan dasar nabati seperti susu kedelai atau susu almon sebagai alternatif.

Infused Water Irisan Lemon

Minuman pendamping sarapan selanjutnya adalah infused water yang berisi irisan lemon. Hal ini tentunya akan menambah kesegaran dibandingkan minum air putih saja. Apalagi, lemon mengandung vitamin C yang jumlahnya melimpah, sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain lemon, kamu juga bisa menambahkan daun mint, timun, jahe, atau stroberi.

Air Kelapa

Air kelapa juga bisa menjadi pilihan minuman pendamping sarapan yang sehat. Air kelapa muda merupakan sumber serat, elektrolit, protein, karbohidrat, vitamin C, dan beberapa mineral penting lainnya seperti magnesium, mangan, potasium, dan kalsium. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan air kelapa sebagai campuran dengan minuman sehat lainnya, seperti smoothies.

Kopi atau Teh

Kopi atau teh ternyata juga bisa menjadi minuman pendamping sarapan yang sehat, asalkan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup minum secangkir kopi atau teh saat sarapan. Dengan begitu, kadar kafein akan terjaga. Selain itu, pastikan juga kamu tidak menambahkan gula terlalu banyak. Kafein dalam teh dan kopi dapat memberikan suntikan energi serta mengusir kantuk saat mengawali hari.

Smoothie

Minuman pendamping sarapan yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah smoothie. Selain mengandung banyak air untuk menjaga tubuh dari dehidrasi dan kaya akan nutrisi, smoothie juga mampu memberikan rasa kenyang, sehingga porsi makan tidak berlebihan. Salah satu contoh campuran smoothie adalah stoberi, blackberry, yoghurt tawar (plain), pisang, susu, atau buah lainnya sesuai selera.

Itulah beberapa minuman pendamping sarapan yang baik untuk kesehatan. Pastikan kamu juga mengonsumsi menu makanan yang sehat untuk sarapan, sehingga kesehatan akan selalu terjaga dan kamu siap menjalani aktivitas dengan bertenaga. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]