Perusahaan Media Terancam Punah Akibat Pandemi COVID-19


Selasa,17 November 2020 - 11:07:20 WIB
Perusahaan Media Terancam Punah Akibat Pandemi COVID-19 Sumber foto liputan6.com

Media massa yang bertugas meliput kabar terkini terkait COVID-19 juga terkena dampak dari pandemi. Pemasukan via iklan tergerus sehingga memberikan dampak ke perusahaan media dan jurnalis.

Dilansir dari laman liputan6.com, berdasarkan data Global Conference on Media Freedom, Selasa (17/11/2020), penghasilan lewat iklan merosot 70 persen pada 2020. Ini dinilai berbahaya bagi masa depan jurnalisme.

"Penurunan hingga 70 persen dalam penghasilan iklan di 2020 telah mendorong organisasi media menuju tepi kepunahan, itu membahayakan masa depan jurnalisme dan media independen," demikian data dari Global Conference Media Freedom yang digelar di Kanada.

Kondisi itu cukup ironis, sebab jurnalis memiliki tugas penting di tengah pandemi COVID-19, mulai dari melawan misinformasi dan disinformasi, hingga memastikan pemerintah tetap akuntabel. Kanada sebagai tuan rumah konferensi Global Conference on Media Freedom mengaku telah memberikan dukungan kepada jurnalis sejak awal.

"Jika ada masa dalam sejarah dunia saat kita butuh lebih banyak liputan, lebih banyak kebebasan jurnalis, informasi lebih akurat, maka sekarang waktunya. Itulah kenapa kita bertindak secara dini untuk mendukung jurnalis di berbagai organisasi media di Kanada," ujar Menlu Kanada François-Philippe Champagne.

Kanada Berinvestasi pada Jurnalisme

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau turut hadir dalam acara ini. Ia berkata negaranya telah berinvestasi ke jurnalisme. "Di Kanada, kami mengambil inisiatif dengan berinvestasi pada jurnalisme lokal, dan secara internasional melalui berbagai inisiatif," ujar Trudeau.

Kanada dan Inggris juga menyediakan dana kepada hingga satu juta dollar kepada Global Defence Fund. Dana itu digunakan untuk memberi akses kepada jurnalis untuk mencari dana bantuan hukum.

Ia pun menegaskan bahwa Kanada akan selalu melindungi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi. Acara Global Conference on Media Freedom di Kanada adalah yang kedua kalinya. Yang pertama digelar di Inggris, dan selanjutnya akan digelar di Estonia. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]