Saudi Tutup Penerbangan, Jemaah Umrah Indonesia Tak Berangkat


Senin,21 Desember 2020 - 15:03:45 WIB
Saudi Tutup Penerbangan, Jemaah Umrah Indonesia Tak Berangkat sumber foto cnnindonesia.com

Ketua Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaki Zakariya menyatakan para jemaah asal Indonesia yang memiliki rencana terbang ke Arab Saudi pada hari ini, Senin (21/12) batal berangkat imbas kebijakan penutupan kembali seluruh penerbangan internasional oleh Kerajaan Arab Saudi.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, "iya, jemaah yang sudah karantina di hotel sudah pada kembali ke rumah masing-masing. Enggak ke airport Soekarno-Hatta lagi," kata Zaky kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/12).

Ia mengatakan maskapai penerbangan Garuda Airlines hingga Saudi Arabian Airlines sudah resmi menutup penerbangan menuju Arab pada hari ini. Zaky memperkirakan ada sekitar 70 calon jemaah umrah asal Indonesia dijadwalkan berangkat ke Saudi hari ini. Di antara jumlah itu, sebanyak 15 orang jemaah umrah berangkat melalui agen yang tergabung konsorsium Amphuri.

"Ya jadi batal. Pakai Garuda hari ini sudah di-cancel. Saudia juga di-cancel juga. Sama Etihad juga, sama. [Penerbangan] yang masuk ke Saudi sudah di-cancel semua," kata Zaky.

Zaky mengaku pihaknya belum mendapat kabar terbaru soal kapan Arab Saudi membuka penerbangan internasionalnya kembali. Ia mengaku masih menunggu perkembangan dari pemerintah Saudi apakah penutupan itu hanya berlangsung selama 1 Minggu.

"Semua penerbangan seminggu ke depan jelas enggak bisa terbang. Tapi, cuma setelah Sabtu atau Minggu besok, apakah bisa terbang atau bagaimana, kita masih menunggu," kata Zaky.

Senada, Konsul Haji Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Endang Jumali mengaku belum mendapatkan konfirmasi terkait keberlangsungan ibadah umrah imbas penutupan penerbangan oleh Saudi tersebut.

"Belum ada konfirmasi [soal umrah]. Ini masih baru diterima tadi dini hari dari GACA beritanya," kata Endang.

Sebagai informasi, Arab Saudi sendiri secara resmi menutup sementara seluruh jalur penerbangan internasional selama sepekan imbas pemerintah Inggris mengumumkan terjadi penyebaran kasus infeksi mutasi virus Corona jenis baru.

Pemerintah Saudi sudah menutup jalur kedatangan dari darat, laut dan udara. Meski demikian, mereka masih mengizinkan sejumlah penerbangan dari luar negeri dengan pengecualian. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]