7 Penyebab Mulut Terasa Pahit saat Bangun Tidur, Bisa Tandakan Penyakit


Selasa,29 Desember 2020 - 08:55:37 WIB
7 Penyebab Mulut Terasa Pahit saat Bangun Tidur, Bisa Tandakan Penyakit Sumber foto liputan6.com

Penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur kerap dianggap sepele. Padahal hal ini dapat menandakan adanya penyakit yang kamu alami. Biasanya kondisi mulut pahit terasa pahit saat bangun tidur ini disertai keluhan mulut kering dan bau.

Dilansir dari laman liputan6.com, pada kondisi ini, produksi air liur menjadi berkurang sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob yang menghasilkan sulfur di dalam mulut. Sulfur inilah yang membuat mulut terasa pahit dan kemampuan indra pengecap menghilang.

Penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur perlu dikenali. Mulut terasa pahit saat bangun tidur biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan membersihkan gigi dan mulut sebelum tidur hingga konsumsi makanan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020) tentang penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur.

Penyebab Mulut Terasa Pahit saat Bangun Tidur

GERD

Penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur bisa jadi adalah Gastroesophageal reflux disease (GERD). Dalam keadaan normal, makanan seharusnya masuk ke mulut menuju kerongkongan, lalu masuk ke lambung. Di sana makanan umumnya bertahan selama 3-4 jam untuk dicerna.

Namun, pada kasus GERD, terdapat suatu kelainan. Makanan yang sudah ditampung di lambung naik kembali ke kerongkongan. Makanan yang naik kembali tersebut mengandung asam pencernaan dan enzim, sehingga menyebabkan rasa pahit di mulut. Oleh kaena itu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu masalah asam lambung, misalnya makanan pedas.

Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia dapat pula menjadi penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur. Hal ini dapat disebabkan oleh penurunan produksi saliva atau perubahan susunan saliva.

Penurunan produksi saliva ini dapat terjadi karena sejumlah alasan, seperti penuaan, obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, seperti sindrom Sjögren, yang menyebabkan kekeringan di mulut dan mata, hingga kebiasaan merokok.

Tanpa produksi air liur yang tepat, rasa di mulut dapat berubah. Selain terasa pahit, mulut juga akan terasa kurang asin. Selain itu, kekurangan air liur dapat membuat kamu sulit menelan atau berbicara.

Sindrom Mulut Terbakar

Seperti namanya, sindrom mulut terbakar menyebabkan sensasi terbakar atau panas di dalam mulut yang bisa sangat menyakitkan. Gejala-gejala ini dapat terjadi di satu bagian mulut atau di seluruh mulut. Saat mengalami sindrom ini, kamu dapat mengalami mulut terasa kering dan rasa pahit atau logam.

Sindrom mulut terbakar bisa terjadi pada wanita dan pria, terutama pada wanita yang mengalami menopause. Terkadang, mulut terbakar tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi. Dokter menduga, itu mungkin akibat adanya kerusakan pada saraf di mulut.

Penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur ini juga kerap dialami pasien yang sedang menjalani terapi atau perawatan diabetes melitus, kanker, dan perubahan hormon selama menopause.

Mulut Pahit pada Ibu Hamil

Penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur juga terjadi pada ibu hamil. Hormon estrogen yang berfluktuasi selama kehamilan juga dapat menyebabkan mulut pahit. Banyak wanita melaporkan rasa pahit atau seperti ada logam di mulut ketika hamil. Kondisi ini biasanya bisa sembuh sendiri saat kehamilan atau setelah melahirkan.

Penyakit di Saluran Pernapasan

Penyakit tertentu di saluran pernapasan juga bisa menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur. Contohnya saat kamu mengalami infeksi sinus ataupun pilek. Saat sakit, tubuh mengirimkan protein peradangan untuk menangkap sel-sel berbahaya. Protein ini juga dapat memengaruhi lidah dan indra perasa kamu. Inilah yang membuat lidah terasa pahit.

Perawatan Kanker

Penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur berikutnya adalah perawatan kanker. Radiasi dan kemoterapi pada penderita kanker dapat mengiritasi mulut kamu. Hal ini dapat berakibat banyak, termasuk menghasilkan rasa pahit di mulut.

Obat dan Suplemen

Setelah tubuh kamu menyerap jenis obat tertentu, sisa-sisa obat diekskresikan ke dalam air liur. Jika obat atau suplemen ini memiliki elemen pahit atau logam, kamu bisa mengecap rasa pahit di mulut. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]