Gaji Rp 3 Juta, Bisa Beli Rumah Nggak Ya?


Jumat,12 Februari 2016 - 11:51:42 WIB
Gaji Rp 3 Juta, Bisa Beli Rumah Nggak Ya? Ilustrasi perumahan. (foto: int)

Sebagai karyawan, keunggulan yang harus dimanfaatkan adalah adanya penghasilan rutin setiap bulan dalam bentuk gaji. Setiap bulan, gaji sebaiknya dikelola untuk berbagai pos pengeluaran, termasuk menabung untuk tujuan tertentu.

Menurut Financial & Business Planner (CFP) CEO & Founder ZAP finance, Prita Ghozie, usahakan menabung setidaknya Rp 300.000 setiap bulan untuk mengumpulkan uang muka pembelian rumah. Jika uang muka sudah sesuai dengan harga beli rumah, maka berikutnya adalah mengambil kredit pemilikan rumah.

Setidaknya terdapat dua pertimbangan finansial yang perlu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah secara kredit. Pertimbangan pertama adalah menghitung maksimum kemampuan pembayaran cicilan utang per bulan. Suatu keuangan yang sehat mensyaratkan perbandingan kemampuan pelunasan utang maksimal sebesar 35% dari penghasilan rutin.

Artinya, berita yang dimuat detik.com ini, untuk penghasilan yang Anda miliki saat ini maksimal cicilan utang yang disarankan untuk Anda adalah Rp 1.050.000 per bulan. Nominal tersebut mencakup seluruh cicilan utang yang ada seperti cicilan kartu kredit dan cicilan utang lainnya. Apabila saat ini Anda telah memiliki cicilan utang lainnya maka kemampuan cicilan KPR Anda semakin berkurang.

Pertimbangan kedua adalah menghitung kemampuan maksimum utang KPR. Dengan menggunakan asumsi bunga KPR 12% dan cicilan sebesar Rp 1.050.000 per bulan selama 15 tahun, maka maksimum harga rumah yang bisa Anda beli saat ini adalah Rp 134,5 juta. Pengajuan KPR di Indonesia hanya menanggung 65% dari harga rumah yang diajukan. Sehingga Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp 47 juta untuk uang muka.

Dana uang muka dapat dikumpulkan dari penyisihan penghasilan per bulan dan bonus tahunan yang diterima seperti THR. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk segera memberikan rumah bagi kedua orang tua.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]