18 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Efektif, Gunakan Bahan Alami


Selasa,23 Maret 2021 - 09:28:14 WIB
18 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Efektif, Gunakan Bahan Alami Sumber foto liputan6.com

Cara mengobati sariawan bisa dengan menggunakan beberapa bahan alami. Sariawan adalah peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Rasa nyeri akibat sariawan biasanya dapat dirasakan pada pipi, gusi, bagian dalam bibir, atau lidah.

Dilansir dari laman liputan6.com, sariawan merupakan salah satu gangguan pada mulut yang mungkin pernah dialami oleh banyak orang. Kondisi ini biasanya akan sembuh dalam 7 hari hingga berbulan-bulan. Jika kamu mengalami sariawan sudah lebih dari 2 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara mengobati sariawan tentunya dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, sariawan biasanya disebabkan oleh kebiasaan membersihkan gigi yang salah hingga konsumsi makanan sembarangan.

Walaupun bukan kondisi yang serius, sariawan tentu sangat mengganggu saat kamu mengalaminya. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa bahan alami yang sehat dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021) tentang cara mengobati sariawan.

Daun sirih

Cara mengobati sariawan yang pertama adalah menggunakan daun sirih. Berbagai manfaat daun sirih yang sering kali dijadikan tanaman dalam pengobatan tradisional ini adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri.

Tanaman yang biasanya dikonsumsi dengan cara dikunyah ini memang sangat baik untuk kesehatan, terutama sebagai obat herba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Madu

Menggunakan madu adalah salah satu cara mengobati sariawan yang cukup manjur. Bahkan madu merupakan dapat mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, madu juga dapat mempertahankan kelembapan bibir. Cara menggunakan madu sangat mudah, kamu cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari batang, daun, buah, serabut dan lainnya. Berbagai produksi kelapa pun seperti minyak dan santannya dianggap mampu menyembuhkan sariawan. Kelapa juga mampu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakannya, cukup dengan berkumur menggunakan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa berkumur atau cukup dioleskan saja. Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

Es batu

Ketika sariawan membengkak pasti akan terasa sangat menyakitkan. Cara mengobati sariawan dengan selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Es batu dapat membantu luka cepat kempis dan sembuh. Rasa sejuknya dapat membantu meringankan rasa nyeri luka sariawan. Kamu cukup mengompreskan es batu langsung pada luka sariawan. Atau kulum es batu dan tempelkan ke area yang terasa nyeri hingga mencair sepenuhnya.

Lidah buaya

Cara mengobati sariawan selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya mudah, cukup siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Air garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih lainnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Garam memiliki sifat anti radang dan anti bakteri untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut. Jadi bumbu dapur ini bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Penggunaannya pun mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berkumur. Lalu bilas dengan minum air putih. Lakukan pengobatan ini sampai sariawan terlihat mengempis.

Kantong teh

Kantong teh mengandung asam tanin yang memiliki anti virus, sehingga bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Kantong teh juga bersifat basa yang dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam. Tujuannya agar tidak memperburuk rasa sakit sariawan tersebut. Kamu cukup menggunakan kantong teh bekas. Tempelkan kantong teh tersebut pada luka sariawan kalian sekitar lima menit.

Plain yoghurt

Cara mengobati sariawan selanjutnya adalah menggunakan plain yoghurt tanpa pemanis atau pun perasa. Mengonsumsi yoghurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area luka.

Tea tree oil

Minyak tea tree dikenal dengan kandungan anti jamur dan anti bakterinya yang baik untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, minyak tea tree dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan yang cepat.

Cara mengobati sariawan dengan tea tree oil cukup mudah, teteskan tea tree oil ke air hangat. Lalu kumur menggunakan larutan tersebut selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga sariawan membaik.

Susu

Kalsium yang terdapat dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Tak heran susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan. Selain itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

Pisang

Buah pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Rupanya buah berwarna kuning ini juga dapat dijadikan cara mengobati sariawan. Lebih efektif lagi jika kalian mencampurkannya dengan madu.

Cara mengobati sariawan dengan pisang adalah, haluskan pisang hingga menjadi seperti pasta. Lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada sariawan dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah selesai kumur hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang besar. Cara mengobati sariawan dengan tomat adalah dengan memakan tomat mentah setidaknya 3-4 kali sehari. Hal ini bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan secara alami.

Kunyit

Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin, selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik. Cara mengobati sariawan dengan cepat adalah dengan mengoleskan kunyit di atas sariawan untuk menyembuhkannya. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.

Biji jeruk bali

Ekstrak alami yang didapat dari biji jeruk bali memiliki antibiotik kuat yang membantu menghancurkan kuman yang memprovokasi infeksi pada mulut. Antioksidan dan senyawa disinfektan melindungi kulit yang terluka di sekitar luka sembari mengurangi peradangan dan mencegah bau saat sariawan.

Jus cranberry

Cara mengobati sariawan dengan cepat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus cranberry. Sebelum makan, tak ada salahnya untuk kamu minum jus cranberry. Sebab cranberry mampu menghilangkan bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat.

Daun basil

Daun basil juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat. Caranya mudah saja, kamu tinggal mengunyah daun basil, sebab daun ini mengandung banyak sifat obat.

Daun kemangi

Mengunyah daun kemangi juga merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan efektif. Ambilah beberapa daun kemangi kemudian kunyah setelah itu baru berkumur. Tindakan ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam sehari hingga sariawan sembuh.

Daun seledri

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan daun seledri. Ambil beberapa daun seledri dan hancurkan. Setelah hancur, oleskan daun seledri pada bagian yang luka. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]