Destinasi Wisata yang Hampir Dilupakan

Kekayaan Riau Ada di Keindahan Pulau Jemur


Sabtu,20 Februari 2016 - 19:39:19 WIB
Kekayaan Riau Ada di Keindahan Pulau Jemur Salah satu sudut pandang keindahan Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir. (foto: int)

Provinsi Riau menyajikan banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Pulau Jemur. Pulau ini terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Jarak 45 mil dari negara tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil, di antaranya Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik, dan pulau-pulau kecil lainnya. Pulau ini sangat indah, lautan yang terhampar luas akan membelalakkan mata Anda. Dari berbagai sumber didapati, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar pantai yang sangat cantik.

Untuk berlibur ke sini, Anda tidak akan menyesal dan pasti akan sangat puas karena pemandangan di pulau ini sangat cantik sekali tentunya juga akan sangat seru. Nama Pulau Jemur juga lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau.

Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya. Di samping itu, Pulau Jemur dihuni oleh spesies penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya. Selain itu, Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain, di antaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok dikembangkan menjadi kawasan resort. Dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya. Diakui, hingga saat ini upaya pengembangan serius di destinasi wisata ini belum maksimal dan hampir dilupakan. Justru, apabila dikembangkan, Pulau Jemur akan menjadi destinasi terindah Provinsi Riau.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]