5 Cara Alami Ini Bantu Anda Turunkan Tekanan Darah


Senin,16 Agustus 2021 - 16:47:03 WIB
5 Cara Alami Ini Bantu Anda Turunkan Tekanan Darah sumber foto liputan6.com

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi berbahaya yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Begitu terdeteksi, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bisa berakibat fatal.

Dilansir dari laman liputan6.com, untungnya, ada banyak cara untuk mengontrol tingkat tekanan darah. Obat hanyalah salah satu cara, dan lainnya adalah solusi alami yang dapat membantu mengendalikannya dalam jangka panjang. Berikut adalah 5 cara Anda dapat mengontrol tekanan darah Anda seperti dihimpun dari TimesofIndia.

1. Kurangi asupan natrium

Beberapa penelitian telah menghubungkan tekanan darah tinggi dengan asupan natrium berlebih. Natrium juga bisa menjadi penyebab stroke. Bahkan pengurangan kecil dalam jumlah asupan natrium harian dapat menurunkan tekanan sebesar 5 sampai 6 mm Hg dalam kasus tekanan darah tinggi.

Efek asupan natrium bervariasi dari orang ke orang. Bahkan secara umum, masyarakat harus membatasi asupan makanan olahan yang asin agar tetap sehat. Individu normal tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.300 miligram (mg) garam dalam sehari.

2. Tingkatkan asupan kalium

Kalium adalah nutrisi penting bagi semua orang yang menderita tekanan darah tinggi. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil ini membantu membuang kelebihan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Makanan yang diproses dan dikemas sebagian besar sarat dengan natrium dan untuk menyeimbangkannya, Anda perlu menambahkan lebih banyak makanan kaya kalium ke dalam makanan. Beberapa makanan yang mungkin dapat Anda sertakan adalah:

Sayuran: Sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar

Buah: Melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot

Lainnya: Kacang-kacangan dan biji-bijian, susu, yoghurt, tuna, dan salmon

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur sangat penting bagi setiap individu. Studi menunjukkan bahwa setiap individu harus berolahraga selama 30 hingga 45 menit secara teratur agar tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Hal ini bahkan lebih penting untuk semua orang yang menderita masalah tekanan darah tinggi. Olahraga teratur dapat membuat jantung Anda lebih kuat, membantu memompa darah lebih efisien dan menurunkan tekanan pada arteri. Bahkan berjalan kaki setiap hari selama 40 menit sudah cukup untuk membuat Anda tetap sehat dan aman.

4. Batasi asupan alkohol dan berhenti merokok

Rokok dan alkohol keduanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat berkontribusi pada 16 persen kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia.

Alkohol dan nikotin keduanya untuk sementara dapat meningkatkan tingkat tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Karena kedua hal tersebut diketahui dapat membahayakan kesehatan Anda, lebih baik untuk berhenti dari mereka sekali untuk selamanya.

5. Kurangi karbohidrat olahan

Laporan terbaru menunjukkan bahwa bahkan karbohidrat olahan dan gula tambahan dalam makanan juga dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Mengurangi asupan kedua makanan ini dapat membantu mengelola tingkat tekanan darah secara alami.

Makanan seperti roti dan gula putih berubah dengan cepat menjadi gula dalam aliran darah Anda dan dapat menyebabkan masalah. Orang dengan tingkat tekanan darah tinggi disarankan untuk melakukan diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Alih-alih, tepung halus dapat diganti dengan gandum utuh dan gula putih bisa diganti dengan madu. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]