7 Penyebab Terjadinya Dehidrasi pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai


Selasa,31 Agustus 2021 - 08:58:51 WIB
7 Penyebab Terjadinya Dehidrasi pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai sumber foto merdeka.com

Dehidrasi merupakan salah satu masalah keseharian yang dialami oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua mengalami masalah berupat dehidrasi ini. Walau sekilas masalah ini tidak tampak berbahaya, namun membutuhkan penanganan yang tepat. Ketika masalah ini tidak ditangani dengan tepat bisa berujung pada masalah kesehatan serius.

Dilansir dari laman merdeka.com, masalah dehidrasi ini merupakan hal yang rentan dialami oleh seorang ibu hamil. Jika seorang ibu hamil mengalami masalah ini, dampak yang bisa mereka alami bahkan juga bakal dialami oleh anak di dalam kandungan.

Sejumlah hal sepele bisa menjadi penyebab terjadinya dehidrasi pada ibu hamil ini. Dilansir dari Mom Junction, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil.

Morning Sickness

Morning sickness merupakan kondisi yang biasa muncul pada bulan pertama hingga minggu ke-14 atau 16. Gejala yang muncul termasuk mual dan muntah sehingga seseorang rentan kehilangan cairan dan elektrolit dari tubuh.

Rasa mual yang terjadi juga membuatmu kesulitan untuk minum sehingga gejala dehidrasi bisa semakin parah. Jika tak segera diatasi, masalah ini bisa berujung demam yang menyebabkan keringat berlebih dan dehidrasi.

Diare

Perubahan hormonal, pola makan, serta keengganan mengonsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan diare terutama pada trimester ketiga. Hal ini bisa menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah besar yang menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Musim dan Cuaca

Cuaca dan musim bisa menjadi penyebab kamu lebih rentan mengalami dehidrasi. Aktivitas yang kamu lakukan, usia, serta berat badan, juga bisa menentukan terjadinya dehidrasi ini.

Perjalanan Udara

Udara di kabin pesawat memiliki kelembapan yang rendah dan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya selalu sediakan air ketika di perjalanan.

Kelembapan

Selain faktor cuaca, kelembapan juga bisa berpengaruh terhadap terjadinya dehidrasi ini. Tidak hanya karena kelembapan yang kurang, cuaca lembap dan panas bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi karena banyaknya keringat yang keluar.

Olahraga Berlebih

Berolahraga secara berlebih atau secara keras bisa membuatmu banyak berkeringat. Menghubungkan hal ini dengan cuaca panas bisa berujung dehdirasi pada ibu hamil.

Demam

Kondisi tubuh demam bisa menyebabkan kamu lebih rentan muntan serta kehilangan cairan tubuh. Kedua hal tersebut merupakan penyebab dehidrasi yang umum terjadi.

Bagi ibu hamil, menjaga kesehatan tubuh mereka terutama dari dehidrasi merupakan hal yang penting dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya waspadai ketika mengalami sejumlah hal tersebut karena berisiko menyebabkan dehidrasi. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]