Harga Sawit Riau Meroket, Dewan Wanti-wanti Jangan Sampai Dihancurkan Covid-19


Selasa,26 Oktober 2021 - 14:06:17 WIB
Harga Sawit Riau Meroket, Dewan Wanti-wanti Jangan Sampai Dihancurkan Covid-19 sumber foto cakaplah.com

Geliat ekonomi perlahan - lahan mulai bangkit di tengah ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi Covid-19 yang telah dua tahun melanda.

Dilansir dari laman cakaplah.com. Hal ini dibuktikan dengan meroketnya Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau. Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau mencatat pekan ini kenaikan mencapai Rp3.114,41 per kilogram.

Dengan kebangkitan ekonomi tersebut, Anggota Komisi V DPRD Riau, Kasir mengingatkan semua pihak untuk terus menjaga protokol kesehatan, agar selaras antara kesehatan dengan ekonomi.

"Sekarang harga sawit sudah meningkat. Kita harapkan jangan ada lagi kasus kasus baru Covid-19 yang terus meningkat. Jangan sampai ekonomi kita lumpuh lagi. Maka dari itu, yang terpenting adalah sama - ama menjaga protokol kesehatan," kata Kasir.

Selain itu, pemerintah provinsi juga didorong agar mensosialisasikan Prokes dan terus melobi pusat untuk mendistribusikan vaksin. "Pemprov harus terus lobi, dan mendistribusikan vaksin ke daerah - daerah. Kita harus melawan bersama, jangan sampai sawit naik, kita sakit," tukasnya.

Untuk diketahui, Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan kenaikan harga TBS pada periode periode 20 – 26 Oktober 2021 terjadi pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 99,60/Kg atau mencapai 3,30% dari harga minggu lalu.

"Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 3.114,41/Kg. Kembali pecah rekor harga tertinggi," ujar Defris Hatmaja. Ia mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. (RF/ika)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]