Sepekan ke Depan, Harga TBS Sawit di Riau Naik


Kamis,17 Maret 2016 - 16:25:10 WIB
Sepekan ke Depan, Harga TBS Sawit di Riau Naik Sawit. (foto: int)

Pekan ini, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Riau menunjukan penguatan harga. Harga TBS sepekan kedepan naik sebesar Rp 5,48 per kg.

Menurut Sekretaris Tim Penetapan Harga Disbun Riau, Rusdy Selasa (15/03/16) mengatakan, kenaikan harga TBS dipengaruhi oleh kontrak berjangka Crude Palm Oil (CPO) yang bergerak relatif stagnan, setelah sebelumnya menguat dalam kisaran terbatas pada 0,09 persen dan 1,04 persen. “Kenaikan itu sebagaimana terlihat pada penutupan beberapa sesi perdagangan pekan lalu di bursa ICDX Jakarta dan bursa berjangka Kuala Lumpur,” katanya. 

Pantauan pergerakan itu menunjukan bahwa sawit menguat setelah kenaikan harga di pasar kedelai Chicago dengan spekulasi terjadi momentum permintaan.Meskipun ekspor minyak sawit di Malaysia pada 1 sampai10 Maret naik 31 persen, penguatan harga didorong oleh penurunan tajam dalam produksi minyak sawit pada Februari.

Rusdi menambahkan, sementara untuk pasar CPO lokal Riau, terjadi penguatan harga rata-rata sebesar Rp 21,85 dari Rp 7.201,04 menjadi Rp 7.222 per kilogram. Terjadi kenaikan signifikan pada pasar lelang KPB-PTPN dan lelang Astra. Pada pekan sebelumnya, Hasil penetapan harga tandan buah segar atau TBS sawit di Dinas Perkebunan Provinsi Riau, memutuskan bahwa harga TBS sawit Riau pekan pertama bulan Maret 2016, naik sebesar Rp 13,19 per kilogram. 

Rusdi menjelaskan bahwa kenaikan harga TBS sawit pekan ini dipengaruhi oleh pasar perdagangan CPO, masih menunjukkan geliat positif, baik di Indonesia maupun di Malaysia. 

Dia menjelaskan, berita yang dilansir riauterkini ini menyatakan, bahwa kekhawatiran akan semakin menipisnya stok CPO membuat pasar dapat berimbang meskipun terkesan turun tipis sebagai dampak menguatnya mata uang Rupiah dan Ringgit. Apabila yang diacu adalah dollar Amerika sebagai alat pembayaran transaksi CPO, harga beli rebound.(rtc)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]