Lemon untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Bahaya?


Senin,29 November 2021 - 16:03:57 WIB
Lemon untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Bahaya? sumber foto kompas.com

Sebagian orang meyakini minum air lemon untuk asam lambung dapat membantu meredakan gejalanya. Adapun refluks asam, atau asam lambung naik, terjadi saat asam yang ada di perut kita mengalir naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada lapisan kerongkongan. Ketika asam lambung naik, kita mungkin akan merasakan sensasi terbakar di dada atau tenggorokan yang dikenal dengan heartburn.

Dilansir dari laman kompas.com. Beberapa makanan dapat memicu asam lambung naik, termasuk salah satunya buah-buahan sitrus seperti lemon. Namun, pendapat sejumlah ahli ternyata memberikan sinyal berbeda. Sebagian mengatakan bahwa buah sitrus seperti lemon dapat meningkatkan keparahan gejala asam lambung.

Namun, sebagian lainnya menyebut air lemon untuk asam lambung dapat membantu meredakan gejala ketika dikonsumsi sebagai pengobatan rumahan. Jadi, bagaimana penjelasannya?

Lemon untuk asam lambung

Ada beberapa temuan yang mendukung manfaat lemon untuk asam lambung, salah satunya adalah temuan yang dipublikasikan di PMC pada 2013. Melansir Healthline, temuan tersebut menyebutkan bahwa diet tinggi asam askorbat, termasuk lemon, dapat membantu melindungi perut dari kanker tertentu dan kerusakan lainnya.

Temuan ini terutama berlaku untuk orang dengan tukak lambung. Jika asam lambung yang dialami disebabkan oleh asam lambung yang rendah, minum air lemon mungkin bermanfaat karena potensi efek alkalinya. Ini diyakini dapat membantu menetralkan asam di perut. Namun belum ada penelitian yang mendukung bahwa lemon untuk asam lambung bisa membantu meredakan gejala. Sebab, keasaman lemon justru bisa memperparah asam lambung pada beberapa orang. Jus lemon bersifat asam dengan pH 3, sementara air memiliki pH sekitar 7 atau bersifat netral.

Beberapa orang mungkin menemukan bahwa minum segelas air lemon dapat meredakan gejala asam lambung mereka, sementara lainnya mungkin merasa gejala asam lambung yang dirasakan justru memburuk. Jadi, selalu perhatikan sinyal tubuh dan berhenti mengonsumsi lemon untuk asam lambung jika malah memperparah gejala. Cara menggunakan lemon untuk asam lambung Jika ingin mencoba lemon untuk asam lambung, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Campurkan satu sendok makan perasan lemon segar dengan sekitar 250 mililiter air. Jika rasanya masih terlalu kuat, kurangi jumlah perasan lemonnya sejak awal. Tapi, ingatlah untuk selalu melarutkan peraaan lemon dengan air untuk mengurangi keasamannya.
  • Minum air lemon sekitar 20-30 menit sebelum makan untuk membantu mencegah gejala yang mungkin dipicu oleh konsumsi makanan tertentu.
  • Minum dalam jumlah sedikit terlebih dahulu dan lihat reaksi tubuh kita. Secara bertahap, tingkatkan jumlah konsumsinya. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]