5 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan


Jumat,24 Desember 2021 - 15:40:44 WIB
5 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan sumber foto cnnindonesia.com

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang banyak hidup di perairan Indonesia. Ikan ini mengandung nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Kandungan vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, asam lemak omega-3, zat besi, yodium, dan kalium yang terdapat di dalam ikan tuna berkontribusi untuk untuk kesehatan.

Berikut manfaat ikan tuna untuk kesehatan:

1. Kurangi risiko penyakit jantung

Ikan tuna merupakan ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Studi menunjukkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang menurun.

2. Melindungi mata
Kandungan omega-3 yang terdapat dalam tuna juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Dikutip dari Webmd, studi terhadap 40 ribu perempuan menunjukkan orang yang makan beberapa porsi ikan tuna setiap pekan memiliki risiko 68 persen lebih rendah mengalami mata kering. Asam lemak omega 3-juga baik untuk kesehatan retina.

3. Kurangi risiko kanker
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam ikan tuna berperan sebagai anti-inflamasi yang mengurangi peradangan. Anti-inflamasi merupakan zat yang penting untuk mengurangi risiko kanker berkembang dalam tubuh. Pasalnya, banyak kanker dikaitkan dengan peradangan yang yang kronis.

4. Mengurangi berat badan
Tuna merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk diet. Tuna merupakan sumber protein yang rendah kalori. Saat konsumsi tuna, tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Studi pada orang yang konsumsi tuna secara rutin menunjukkan penurunan berat badan dibandingkan yang tidak.

5. Menjaga kesehatan tulang
Tuna mengandung sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh. Konsumsi ikan tuna membantu mencegah berbagai penyakit tulang.

Itulah manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat ini, masukkan tuna dalam menu harian Anda. Kombinasikan dengan makanan lain yang juga bernutrisi tinggi. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]