“Investor Asing Selalu Pertanyakan Kondisi Infrastruktur RI”


Kamis,24 Maret 2016 - 19:58:22 WIB
“Investor Asing Selalu Pertanyakan Kondisi Infrastruktur RI” Infrastruktur di Indonesia. (foto: Parlindungan)

Iklim Investasi di Indonesia dianggap kian kondusif seiring dengan giatnya upaya penyederhanaan perizinan yang dilakukan Pemerintah. Namun demikian masih ada pertanyaan mendasar oleh calon investor.

“Investor, terutama yang datang ke kami (Bidang Investasi Kementerian Pertanian) selalu menanyakan hal dasar. Bagaimana infrastrukturnya," ujar Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi, Syukur Iwantoro kepada detikFinance di ruang kerjanya, Kamis (24/3/2016).

Untuk itu, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan sejumlah Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengintegrasikan minat investasi dengan program pembangunan yang ada agar calon investor dari luar negeri berinvestasi di Indonesia.

Tujuannya, agar lokasi yang ditawarkan untuk satu lokasi untuk berinvestasi nantinya sejalan dengan program pembangunan infrastruktur yang tengah dilakuakan Pemerintah saat ini. Misalnya, dekat dengan jalan utama, dekat dengan sumber air bagi investasi pertanian serta dekat dengan sumber energi listrik bagi pabrik-pabrik pengolahan. “Karena infrastruktur itu buat mereka (Investor), adalah kunci berlanjut atau tidaknya bisnis mereka di masa depan,” pungkas dia.

Perlu diketahui, penyederhanaan aturan dan perizinan yang gencar dilakukan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menarik minat investasi di tanah air. Di sektor pertanian, investor dari sejumlah negara berbondong-bondong menyatakan minat investasi di tanah air.

Berita ayang dilansir detik.com ini, beberapa investor diantaranya bahkan sudah siap merealisaikan investasinya dalam waktu dekat. Dari data yang dimilikinya, investor dari sejumlah negara telah menyatakan minat untuk melakukan investasi di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

Di industri gula misalnya, itu ada China, India, Jepang dan Singapura. Ada juga dari Brazil dan Kuait yang berminat mengembangkan peternakan sapi. Tak berhenti sampai di situ, ada juga investor yang berminat mengembangkan perkebunan Jagung di Indonesia.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]