Mahalnya Avtur Bisa Dibebankan ke Tiket Pesawat, Ini Kata Kemenhub


Senin,21 Maret 2022 - 14:43:38 WIB
Mahalnya Avtur Bisa Dibebankan ke Tiket Pesawat, Ini Kata Kemenhub sumber foto finance.detik.com

Merespons kenaikan harga avtur, Kementerian Perhubungan mulai mengkaji opsi-opsi untuk memberikan kesempatan kepada maskapai menyesuaikan biaya penerbangannya kepada konsumen. Salah satunya adalah menerapkan opsi beban biaya tambahan avtur kepada penumpang.

Dilansir dari laman Opsi ini diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto. Tapi, Novie bilang ada syarat khusus yang berlaku bila opsi beban biaya tambahan avtur alias fuel surcharge ingin diberlakukan. Novie menyebutkan opsi ini bisa dilakukan dengan syarat kondisi kenaikan harga avtur terus menerus terjadi selama 3 bulan berturut-turut dan menyebabkan beban operasional maskapai naik sampai 10%.

"Memperbolehkan biaya tambahan berupa fuel surcharge. Kebijakan ini dapat diberlakukan bilamana fluktuasi harga avtur terjadi dalam jangka waktu 3 bulan berturut turut yang mengakibatkan kenaikan biaya operasi pesawat di atas 10%," papar Novie kepada detikcom, Senin (21/3/2022).

Selain opsi di atas, pihaknya juga akan mengkaji opsi menaikkan tarif batas atas (TBA) pada penerbangan kelas ekonomi. Opsi ini memberikan kesempatan kepada maskapai untuk lebih banyak menaikkan harga tiket. Namun, Novie menyatakan semua opsi yang ada masih dikaji, belum ada penetapan yang dilakukan oleh Kemenhub.

Yang jelas, pihaknya juga akan melihat kondisi kemampuan daya beli masyarakat dalam menentukan kebijakan soal tarif tiket pesawat. "Saat ini Kemenhub sedang mengkaji pemberlakuan alternatif di atas," tegas Novie. Dari catatan detikcom, kenaikan harga avtur sudah terjadi bulan ini. Bahkan hanya dalam waktu dua minggu harga avtur sudah meningkat.

Berdasarkan data Pertamina, harga avtur periode 15-31 Maret 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng sudah mencapai sebesar US$ 87,50 sen per liter untuk penerbangan internasional (international flight price). Sementara, untuk kategori domestic flight into plane/not into plane Rp 13.677,20 per liter.

Harga tersebut naik dibanding periode 1-14 Maret 2022, artinya kenaikan sudah terjadi dalam jangka waktu dua minggu. Di dua minggu awal Maret, harga avtur untuk penerbangan internasional cuma sebesar US$ 76,90 sen per liter di bandara yang sama. Kemudian, untuk domestic flight price into plane/not into plane sebesar Rp 11.967,55 per liter. (RF)



 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]