Golongan Darah Apa yang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung?


Rabu,27 April 2022 - 10:02:04 WIB
Golongan Darah Apa yang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung? sumber foto cnnindonesia.com

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Sejumlah studi menemukan adanya hubungan antara golongan darah dan penyakit jantung. Disebutkan bahwa beberapa golongan darah tertentu memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Mengutip Times of India, studi terbaru pada 2021 lalu dilakukan oleh European Society of Cardiology terhadap 1,36 juta peserta untuk meneliti hal tersebut. Penelitian menemukan bahwa orang dengan golongan darah selain O memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner 9 persen lebih tinggi, utamanya kasus serangan jantung.

Para peneliti membandingkan risiko penyakit jantung pada golongan darah A, B, dan O. Ditemukan bahwa orang dengan golongan darah B memiliki risiko serangan jantung 15 persen lebih tinggi daripada orang dengan golongan darah O. Sementara itu, orang dengan golongan darah A memiliki risiko penyakit jantung 11 persen lebih tinggi daripada golongan darah O.

Peneliti menduga, hubungan antara golongan darah dan penyakit jantung ini disebabkan oleh risiko pembekuan darah yang dialami masing-masing golongan darah. Studi pada tahun 2017 menemukan, orang dengan golongan darah selain O memiliki faktor konsentrasi non-Willebrand yang lebih besar. Faktor ini merupakan protein yang kerap memicu kejadian trombosis atau pembekuan darah.

Orang dengan golongan darah A dan B ditemukan 44 persen lebih mungkin mengalami trombosis. Sebagaimana diketahui, gumpalan atau pembekuan darah berkontribusi besar dalam memicu serangan jantung. Analisis serupa juga dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2012 lalu. Studi menemukan, golongan darah O memberikan perlindungan bagi seseorang dari risiko serangan jantung dan stroke.

"Risiko jantung biasanya memperhitungkan faktor-faktor seperti tekanan darah, kolesterol, dan berat badan. Tapi, golongan darah mungkin juga penting diperhatikan," ujar salah satu peneliti dari Harvard Medical School, Lu Qi, mengutip WebMD. Dalam analisisnya, Qi dan rekan menggabungkan temuan dari dua penelitian besar terhadap hampir 90 ribu orang dewasa setidaknya selama dua dekade.

Hasilnya, dibandingkan dengan orang golongan darah O:
- orang dengan golongan darah AB 23 persen lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung;
- orang dengan golongan darah A 5 persen lebih berisiko;
- orang dengan golongan darah B 11 persen lebih berisiko.

Studi sebelumnya menunjukkan hubungan antara golongan darah dan penyakit jantung yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang dialami tubuh. Peningkatan risiko pada golongan darah A disebabkan oleh kadar kolesterol jahat yang cenderung lebih tinggi. Sementara peningkatan risiko pada golongan darah AB dipicu oleh adanya peradangan. Kendati demikian, temuan-temuan seperti di atas masih perlu dikonfirmasi ulang. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]