Lebaran 2022, Mudik ke Sumatera Barat Bisa Lewat Tol Pekanbaru-Bangkinang


Kamis,28 April 2022 - 11:17:05 WIB
Lebaran 2022, Mudik ke Sumatera Barat Bisa Lewat Tol Pekanbaru-Bangkinang sumber foto liputan6.com

Masyarakat Riau, khususnya Kabupaten Kampar, mendapatkan kado spesial menjelang Lebaran Idul Fitri ini. Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022.

Dilansir dari laman liputan6.com. Tol ini diproyeksikan sampai ke Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Tol Bangkinang menjadi salah satu bagian Tol Trans Sumatera yang menghubungkan daerah dari Aceh hingga Lampung nantinya. Penggunaannya ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Mohammad, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto serta pejabat lainnya, Selasa, 26 April 2022.

Tol ini difungsikan lebih awal demi kelancaran mudik lebaran di Kabupaten Kampar. Apalagi daerah itu menjadi jalur utama menuju Sumatra Barat sehingga perlu jalan lain agar tidak terjadi penumpukan pemudik di jalanan. Oleh karena itu, Irjen Iqbal memberikan instruksi khusus kepada Direktorat Lalu Lintas dan Polres Kampar mem-backup penuh operasi tol ini. Tujuannya memberikan kelancaran, kenyamanan, dan keamanan masyarakat.

Tol ini akan beroperasi hingga 8 Mei 2022 atau saat arus balik lebaran. Polda Riau dan Polres Kampar sudah diperintahkan mengerahkan kekuatan dan peralatannya. "Bersama stakeholder sudah menggelar pengamanan demi terjaminnya keselamatan dan kelancaran arus mudik," kata Iqbal.

Dirikan Pos

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Riau Komisaris Besar Firman Darmansyah mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi masif dengan Hutama Karya terkait pembukaan tol ini lebih awal untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan mudik lebaran 2022. "Ada 17 personel termasuk dari Satuan Patroli jalan Raya (PJR) yang didukung empat unit kendaraan patroli," jelas Firman.

Di tol ini sudah didirikan tiga pos pengamanan Operasi Ketupat Lancang Kuning. Kemudian ada rest area di kilometer 36 dan pos lainnya di pintu keluar. "Masyarakat Riau yang ingin mudik mengarah ke Sumatra Barat sudah bisa menggunakan tol ini," jelas Firman.

Kepada pemudik, Firman mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan tidak mengebut saat berada di tol. Pemudik diminta mengecek kesiapan kendaraan dan kesehatan sebelum berangkat. "Lebih baik lambat asal selamat sehingga bisa bertemu keluarga di kampung halaman," kata Firman. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]