Deretan Mobil Jepang hingga Eropa yang Masih Bisa Isi Pertalite


Senin,11 Juli 2022 - 17:00:07 WIB
Deretan Mobil Jepang hingga Eropa yang Masih Bisa Isi Pertalite sumber foto cnnindonesia.com

Ada kemungkinan aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi RON 90 setara Pertalite diperluas dari semula hanya untuk mobil mesin 2.000 cc ke atas menjadi 1.500 cc ke atas. Ketentuan ini disebut sedang dikaji BPH Migas bersama DPR.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Jika diterapkan maka mobil-mobil bensin berkapasitas mulai dari 1.500 cc hanya boleh beli RON 92 seperti Pertamax atau yang lebih berkualitas di SPBU Pertamina. Ini juga berarti mobil di bawah 1.500 cc masih bisa membeli Pertalite. Mobil jenis ini ada banyak, bahkan bisa dikatakan populasinya tertinggi di Indonesia.

Mobil di bawah 1.500 cc

Berbagai model di bawah 1.500 cc yang dipasarkan di dalam negeri mulai dari Low MPV, Low SUV, citycar, sampai sedan. Mobil-mobil tersebut berasal dari berbagai merek seperti Jepang, China, hingga kelas premium Eropa. Model tersebut antaranya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Wuling Confero, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

Kemudian Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuko XL7, Mitsubishi Xpander Cross, hingga DFSK Glory i Auto. Mobil lain ada LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Honda Brio. Sementara merek Eropa kelas premium yang menggunakan mesin di bawah 1.500 cc di antaranya Mercedes-Benz. Merek Jerman ini memiliki beberapa produk pada kelas tersebut, seperti A200, CLA200, GLA200, GLB200, hingga C200.

Untuk diingat, penggunaan BBM harus menyesuaikan dengan rasio kompresi mesin sehingga dapur pacu dapat bekerja lebih maksimal. Pendaftaran Untuk mobil mesin 2.000 cc ke atas, PT Pertamina Patra Niaga mewajibkan masyarakat mendaftar terlebih dahulu sebelum membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar mulai 1 Juli 2022. Pertamina membuka pendaftaran kendaraan dan identitas di situs MyPertamina.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat mendapatkan QR Code agar bisa digunakan membeli BBM subsidi yakni, Pertalite. Sementara itu, untuk BBM subsidi solar akan dibatasi pembeliannya untuk semua kendaraan pribadi pelat hitam. Namun, dikecualikan untuk kendaraan angkutan barang bak terbuka. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]