4 Kebiasaan Penyebab Paru-paru Basah, Awas Udara Kotor


Kamis,11 Agustus 2022 - 16:53:37 WIB
4 Kebiasaan Penyebab Paru-paru Basah, Awas Udara Kotor sumber foto cnnindonesia.com

Pneumonia atau lebih dikenal dengan penyakit paru-paru basah bisa dialami siapa saja. Bahkan penyakit ini menjadi penyebab 50 ribu kematian terjadi di dunia setiap tahunnya. Walau begitu penyakit ini bisa dihindari dengan mencoret beberapa daftar kebiasaan yang menyebabkan paru-paru basah.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Mengutip laman American Lung Association, paru-paru basah adalah infeksi di salah satu atau bahkan kedua paru-paru. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan yang mengganggu sirkulasi oksigen di paru-paru.

Penyebab Paru-paru Basah

Penyebab paru-paru basah adalah infeksi. Biasanya terjadi karena virus, bakteri hingga jamur. Kuman tersebut bisa masuk ke paru-paru karena beberapa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan. Berikut diantaranya.

1. Merokok

Rokok memang berbahaya. Mengutip Mayo Clinic, merokok bisa merusak pertahanan alami tubuh terhadap bakteri dan virus yang menyebabkan paru-paru basah.

2. Konsumsi alkohol dan obat-obatan psikotropika

Kebiasaan yang menyebabkan paru-paru basah berikutnya adalah konsumsi minuman beralkohol. Menukil laman National Heart, Lung, and Blood Institute, menggunakan obat-obatan atau alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebagaimana diketahui, sistem kekebalan tubuh yang lemah rentan membuat seseorang terinfeksi patogen. Salah satunya patogen penyebab paru-paru basah.

3. Tinggal di perkampungan padat dan kumuh

Kebanyakan orang terkena paru-paru basah karena tertular dari orang lain di komunitas mereka. Peluang Anda terkena penyakit ini memang lebih tinggi jika tinggal atau menghabiskan banyak waktu di tempat ramai seperti barak militer, penjara, tempat penampungan tunawisma, atau panti jompo. Dalam kondisi ini, patogen penyebab pneumonia bisa dengan mudah masuk ke hidung dan tenggorokan.

4. Terpapar polusi atau udara beracun

Ini sangat mungkin jika Anda sehari-hari tinggal di kota berpolusi atau dekat pabrik dengan asap yang cukup beracun. Paparan polusi udara bisa meningkatkan risiko terjadi berbagai penyakit paru, termasuk pneumonia.
Itulah beberapa kebiasaan yang menyebabkan paru-paru basah. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]