Panduan Check-in Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Saat Pandemi


Jumat,09 September 2022 - 10:04:58 WIB
Panduan Check-in Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Saat Pandemi sumber foto kompas.com

Proses check-in merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan penerbangan, baik penerbangan domestik maupun internasional. Melalui proses ini, calon penumpang akan mendapat boarding pass guna melanjutkan perjalanan via jalur udara. Namun, harap diingat bahwa proses check-in bergantung terhadap syarat perjalanan terbaru, terutama di bagian hasil negatif tes Covid-19.

Dilansir dari laman .kompas.com.Maka calon pelaku perjalanan wajib mencari tahu syarat tersebut terlebih dahulu. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara check-in di Bandara Soekarno-Hatta, khususnya untuk keberangkatan domestik saat pandemi Covid-19, berikut Kompas.com rangkum:

  1. Cek terminal keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki tiga terminal keberangkatan yakni Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. Terminal 1 khusus untuk penerbangan domestik, serta Terminal 2 dan Terminal 3 untuk penerbangan domestik dan internasional. Sebelum melakukan proses check-in, periksa kembali terminal keberangkatanmu dengan cara mengontak pihak maskapai yang bersangkutan, khususnya bila saat membeli tiket di mitra maskapai, misalnya biro perjalanan daring (online travel agent), tidak ada informasi seputar itu. Kemudian, saat sedang berada di perjalanan menuju bandara, perhatikan papan petunjuk jalan yang mengarah ke terminal tujuanmu.
  2. Cek konter check-in dan kelas penerbangan Setibanya di terminal keberangkatan, kamu bisa langsung mengikuti papan petunjuk yang bertuliskan "Keberangkatan Domestik". Selanjutnya, akan ada area untuk memasuki pesawat dan deretan konter check-in yang ditandai dengan huruf.
  3. Siapkan berkas agar tidak terburu-buru Sebelum melanjutkan perjalanan ke konter check-in, kamu perlu siapkan sejumlah berkas agar tidak terburu-buru. Kamu perlu menyiapkan tiket pesawat yang sudah dipesan, baik itu dalam bentuk digital maupun cetak, dan identitas diri yang digunakan saat membeli tiket, contohnya KTP. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan dokumen lain sesuai syarat penerbangan terbaru. Dilansir dari Kompas.com, Senin (29/8/2022), berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 82 Tahun 2022, calon penumpang pesawat dalam negeri yang berusia di atas 18 tahun wajib memperoleh vaksinasi dosis ketiga (booster). Mereka tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes antigen. Calon penumpang pesawat dalam negeri dengan kondisi kesehatan khusus, dikecualikan dari syarat vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen. Namun wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
  4. Serahkan tiket dan identitas diri ke petugas check-in Setelah seluruh berkas disiapkan, kamu tinggal menuju ke salah satu meja petugas check-in untuk menyerahkan tiket dan identitas diri. Untuk proses check-in, disarankan calon penumpang melakukannya paling lambat dua jam sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru dan mengantisipasi antrean panjang.(iw)

Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]