"Social Engineering" Masih Marak, Ini Tips dari OJK agar Tak Terjerat Soceng


Senin,12 September 2022 - 11:52:01 WIB
sumber foto kompas.com

Social engineering atau soceng masih perlu diwaspadai oleh masyarakat. Baru-baru ini, kasus yang marak adalah penawaran untuk menjadi nasabah prioritas dari sebuah entitas bank. Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi mengatakan, social engineering atau rekayasa sosial merupakan salah satu modus kejahatan dengan memanipulasi kondisi psikologis korban. Lalu bagaimana cara masyarakat menghindari aksi social engineering atau soceng ini? "Pertama jangan mengumbar data pribadi kita kepada siapapun, apalagi di dunia maya, di online. Kita suka lihat ada orang main Instagram memposting foto KTP, alamat rumah dan nama ibunya, NIK juga jangan disebar." kata dia dalam tayangan YouTube OJK BiSa, dikutip Senin (11/9/2022).

Dilansir dari laman kompas.com. Selain itu, wanita yang karib disapa Kiki ini menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan fitur notifikasi transaksi pada aplikasi perbankan. Tak cuma itu, penting untuk masyarakat untuk mengaktifkan two step verification untuk semua aplikasi keuangannya, misalnya menggunakan PIN dan sidik jari. "Jadi kita ada check and recheck dulu dan ada pengamannya untuk kita," tegas dia. Kiki menekankan, dalam menghadapi social engineering penting untuk menyadari kondisi dari peristiwa yang terjadi. Masyarakat harus bisa membedakan umpan dari penipu yang membuat perasaan jadi terlalu senang atau panik. Misalnya, penipuan menggunakan pengumuman tentang menang undian atau informasi kalau rekening korban dibobol. Kiki bilang, soceng dapat menghampiri siapa saja, bahkan yang bekerja di industri keuangan sekalipun.

Pasalnya, penipuan ini memanfaatkan kondisi saat korban tidak dapat berpikir jernih dan membuat keputusan dengan rasional. "Modus yang marak misalnya penawaran nasabah prioritas, kedua adalah terkait adanya pengenaan biaya transfer yang tidak masuk akal," terang dia. Kemudian, modus lainnya adalah pengumuman mendapatkan undian berhadiah dan voucher belanja. Terakhir, modus penipuan soceng adalah penawaran menjadi agen laku pandai. "Intinya adalah, kita harus berpikir rasional, perlu cek dan verifikasi dulu," tegas dia. (iw)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]