Cara Terbaik Menenangkan Bayi Menangis Menurut Sains


Kamis,15 September 2022 - 11:12:30 WIB
Cara Terbaik Menenangkan Bayi Menangis Menurut Sains sumber foto kompas.com

Beberapa orang tua mungkin akan merasa frustasi melihat bayi mereka menangis dan menolak untuk tidur. Kini ilmuwan rupanya telah menemukan strategi atau cara terbaik untuk menenangkan bayi menangis. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology, cara menenangkan bayi dilakukan dengan menggendong bayi menangis sambil berjalan selama lima menit. Lalu diikuti dengan duduk dan menggendong bayi selama lima hingga delapan menit sebelum menidurkannya. Cara tersebut memang berbeda dengan pendekatan tidur lainnya yang cenderung membiarkan bayi menangis hingga mereka tertidur sendiri. "Banyak orang tua yang kebingungan saat bayi mereka menangis di malam hari. Ini adalah masalah besar, terutama bagi orang tua yang tak pengalaman," kata Kumi Kuroda dari RIKEN Center for Brain Science di Jepang. Menurutnya lagi, masalah tersebut dapat menjadi penyebab stres bagi orang tua dan bahkan kekerasan terhadap bayi

Dilansir dari laman kompas.com. Dikutip dari Medical Xpress, Rabu (14/9/2022) dalam studi terbaru tentang cara menenangkan bayi menangis ini, peneliti telah mempelajari respon transportasi yang merupakan reaksi bawaan yang terlihat pada banyak mamalia altricial. Mamalia altricial adalah mamalia yang memiliki anak-anak yang tak mampu merawat diri sendiri hingga usia tertentu seperti misalnya tikus, anjing, monyet, dan manusia. Peneliti mengamati bahwa ketika hewan-hewan ini menggendong bayi mereka dan mulai berjalan, tubuh anak-anak mereka cenderung lebih kalem dan detak jantung juga melambat. Tim peneliti kemudian ingin membandingkan efek dari respon transportasi yang merupakan reaksi santai saat digendong dengan kondisi lain seperti saat ibu menggendong tetapi tidak bergerak. Peneliti juga ingin memeriksa apakah efeknya akan sama pada bayi manusia. Dalam studi untuk mencari cara terbaik menenangkan bayi menangis ini, para peneliti mencoba membandingkan respon 21 bayi saat berada dalam empat kondisi, digendong oleh ibu mereka yang berjalan, digendong oleh ibu mereka yang duduk, berbaring di tempat tidur, atau berbaring di ranjang goyang.

Tim menemukan bahwa ketika ibu berjalan sambil menggendong, bayi yang menangis menjadi tenang dan detak jantung mereka melambat dalam waktu 30 detik. Efek menenangkan serupa terjadi ketika bayi ditempatkan di ranjang goyang, tetapi tidak ketika ibu menggendong bayi sambil duduk atau meletakkan bayi di tempat tidur yang tenang. Hal ini menunjukkan bahwa hanya menggendong bayi mungkin tak cukup untuk menenangkan bayi yang menangis. Temuan pun bertentangan dengan asumsi sebelumnya bahwa dengan menggendong bayi saja akan dapat mengurangi stres bayi. Pada saat yang sama, gerakan memiliki efek menenangkan, kemungkinan mengaktifkan respons transportasi bayi. Efeknya lebih terlihat ketika gerakan menggendong dan berjalan berlanjut selama lima menit. Semua bayi yang menangis dalam penelitian ini berhenti menangis, dan hampir setengahnya tertidur. Akan tetapi, ketika para ibu mencoba menidurkan bayi mereka yang mengantuk, lebih dari sepertiganya menjadi terbangun lagi dalam waktu 20 detik.

Hal ini menurut peneliti karena semua bayi menghasilkan respons fisiologis, termasuk perubahan detak jantung, yang dapat membangunkan mereka begitu tubuh mereka terlepas dari ibu mereka. Namun, jika bayi tertidur lebih lama sebelum dibaringkan, mereka cenderung tidak terbangun selama proses tersebut. Bahkan sebagai ibu empat anak, saya sangat terkejut melihat hasilnya. Saya pikir bayi yang terbangun saat berbaring terkait dengan bagaimana mereka dibaringkan di tempat tidur, seperti postur mereka, atau kelembutan gerakannya," ungkap Kuroda. Sementara eksperimen ini hanya melibatkan ibu saja, tetapi ia berharap efeknya juga bisa serupa pada pengasuh lainnya. "Bagi banyak orang, menjadi orang itu dilakukan secara intuitif. Tapi kami membutuhkan sains untuk memahami perilaku bayi karena mereka jauh lebih kompleks dari yang kami kira," pungkas Kuroda. (Iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]