Tour de Siak Makin Dekat, 5 Tim Luar Negeri Sudah Mendaftar


Kamis,24 November 2022 - 15:22:28 WIB
Tour de Siak Makin Dekat, 5 Tim Luar Negeri Sudah Mendaftar sumber foto detik.com

Dinas Pariwisata Provinsi Riau terus mematangkan event Tour de Siak yang akan diselenggarakan awal Desember mendatang. Tercatat sampai hari ini, sudah lima tim luar negeri dan delapan tim lokal yang mendaftar. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan kelima tim luar negeri ada dari Singapore National Team, Go For Gold Filipina dan tim dari Bruney Cucling Brunei. Selain itu dua tim lain asal Malaysia adalah Team Sapura dan Trengganu Polygon Cycling.

Ddilansir dari laman detik.com. "Lima tim itu sudah terdaftar kepada kami sebagai peserta dari luar negeri pada Tour de Siak mendatang. Selain itu ada delapan tim dari dalam negeri," kata Roni ditemui di kantornya, Rabu (16/11/2022). Adapun delapan tim lokal yang bakal ikut mengaspal dari Siak hingga ke Pekanbaru yakni Ponti Wijaya Racing asal Kalimantan Barat, Kelapa Gading Bikers asal Jakarta dan BSP Siak Riau asal Riau. Selanjutnya ada Nusantara Cycling asal Yogyakarta, Roojai Cycling dan ASC Monster dari ibu kota DKI Jakarta.

Dua tim lain adalah DR.J Cycling Team asal Jawa Tengah dan Liberta Cycling Team asal Jawa Barat. Seluruh tim mendaftar ke panitia dan siap mengayuhkan sepedanya dari Kota Pusaka, Siak hingga Pekanbaru. "Secara keseluruhan tim yang ikut serta pada Tour De Siak 2022 merupakan tim terbaik. Mereka pernah mengikuti ajang balap sepeda," kata Roni. Usai mencatatkan jumlah peserta, Dinas Pariwisata dalam waktu dekat juga mulai memantapkan persiapam lintasan. Sebab, dalam event yang sudah digelar sejak 2013 lalu tersebut akan melintasi 3 daerah, yakni Siak, Pelalawan dan Pekanbaru.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan merapatkan barisan mempersiapkan personel keamanan di setiap estape. Tim pengamanan sendiri terdiri dari kepolisian, perhubungan dan instansi terkait lainnya. "Besok kita rapat di Polda bersama semua unsur mulai dari kepolisian dan perwakilan dari 3 daerah yang akan dilalui. Tiga daerah itu adalah Siak, Pelalawan dan Pekanbaru," kata Roni. Dalam jadwal, pelaksanaan Tour de Siak dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 mendatang. Tour de Siak diawali dengan parade atlet dan opening ceremony pada 1 Desember 2022 di Kota Pusaka tersebut.

Selanjutnya tanggal 2 Desember peserta akan melalui etape pertama, tanggal 3 Desember etape dua dan tanggal 4 Desember etape tiga. Lalu untuk closing ceremony Tour de Siak akan dilaksanakan di Pekanbaru. Tour de Siak terdiri dari tiga etape. Pertama Siak City Race sepanjang 84 km etape kedua Siak sampai Pekanbaru sepanjang 130 km, dan etape ketiga yakni City Race di Pekanbaru sepanjang 120 km.

"Setiap etape pada saat start akan ada penampilan atraksi budaya. Sedangkan parade atlet akan dilaksanakan H-1 saat acara," kata Roni. Terakhir, acara akan ditutup di Pekanbaru setelah seluruh peserta mengikuti semua etape dari Siak hingga Pekanbaru. Di mana Tour de Siak sendiri menjadi event Provinsi Riau yang sebelumnya rutin digelar.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]