Data Bicara: Segini Jumlah Perusahaan Kehutanan Hingga 2022


Selasa,13 Desember 2022 - 09:08:05 WIB
Data Bicara: Segini Jumlah Perusahaan Kehutanan Hingga 2022 sumber foto cnbcindonesia.com

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Publikasi Direktori Perusahaan Kehutanan 2022 merupakan kelanjutan publikasi tahun sebelumnya dengan berdasarkan hasil updating direktori perusahaan kehutanan oleh BPS, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta instansi lainnya. Dalam laporan tersebut, perusahaan kehutanan baik di level pusat maupun provinsi serta hasil pengecekan lapangan, terdapat 671 perusahaan kehutanan yang terdiri dari 247 perusahaan Hak Penguasaan Hutan (HPH) atau 36,81%, dan sebanyak 312 perusahaan yang memanfaatkan hasil hutan kayu budidaya (HPHT) atau 46,5%, serta 112 perusahaan penangkaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) atau 16,69%.

Untuk diketahui, perusahaan HPH adalah perusahaan pemegang IUPHHK untuk memanfaatkan kayu alam pada hutan alam produksi yang kegiatannya terdiri dari pemanenan, penebangan, penanaman, pemeliharaan, pengamanan dan pemasaran hasil hutan kayu Perusahaan HPHT mencakup perusahaan pemegang IUPHHK pada Hutan Tanaman atau HTI, Perum Perhutani, dan Perusahaan Lainnya untuk memanfaatkan kayu tanaman pada hutan produksi yang kegiatannya terdiri dari penyiapan lahan, pembenihan atau pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pengamanan, pemanenan atau penebangan, dan pemasaran hasil hutan kayu.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com. Sementara, Perusahaan TSL adalah perusahaan yang mengupayakan pembiakan tumbuhan dan satwa liar melalui pengembangbiakan dan pembesaran dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Jika dilihat berdasarkan provinsi perusahaan-perusahaan ini tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Provinsi mana yang terbanyak? Simak data selengkapnya. Berdasarkan data tersebut, jumlah perusahaan perkebunan baik HPH, HPHT, dan TSL ada di Provinsi Kalimantan dengan total perusahaan sebanyak 106. Jika dilihat secara rinci, Perusahaan HPH sebanyak 63, HPHT sebanyak 40 perusahaan, dan TSL sebanyak 3 perusahaan. Sementara, Perusahaan HPHT terbanyak ada di Provinsi Riau dengan jumlah 48 perusahaan, dan perusahaan TSL ada di Jawa Barat dengan jumlah mencapai 21 perusahaan.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]