Peringatan Hari Hak Asasi Manusia tahun 2022, empat Kabupaten di Riau terima Penghargaan Kabupatem/K


Selasa,13 Desember 2022 - 13:56:45 WIB
Peringatan Hari Hak Asasi Manusia tahun 2022, empat Kabupaten di Riau terima Penghargaan Kabupatem/K sumber foto riau.antaranews.com.

Dengan tema "Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang"; Advancing Human Rights for Everyone, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia Ke-74 di Hotel Sultan, Jakarta (12/12). Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Achmad Brahmantyo Machmud, dan Kabid HAM, Mex Mahdi, ikut menghadiri acara peringatan Hari HAM Tahun 2022 yang juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota peduli HAM se-Indonesia ini.

Dilansir dari laman riau.antaranews.com.Terdapat 4 kabupaten di Provinsi Riau yang dianugerahi penghargaan Kabupaten/Kota peduli HAM ini. Kabupaten tersebut adalah Meranti, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir. Penghargaan diberikan oleh Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham, Mualimin Abdi.

Total ada 170 kabupaten/kota se-Indonesia yang memperoleh penghargaan ini. Sebagai pimpinan Kemenkumham yang 25 persen daerahnya meraih penghargaan, Mhd. Jahari Sitepu patut berbangga dan menyampaikan apresiasiasinya kepada jajaran Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Riau terkhusus bidang HAM yang telah bekerja keras dalam mewujudkan kabupaten/kota peduli HAM.

"Peduli HAM merupakan upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM. Kriteria daerah Kabupaten/Kota peduli HAM sendiri didasarkan pada terpenuhinya hak sipil dan politik serta hak ekonomi, sosial, dan budaya, yang penilaiannya diukur berdasarkan indikator struktur, proses, dan hasil," ucap Jahari. Dia meminta jajaran Kemenkumham Riau terus meningkatkan pelayanan dan pemajuan HAM sampai masyarakat benar-benar mendapatkan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan (P5) HAM.

Peringatan Hari HAM Sedunia ini juga turut dihadiri Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin, dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. Dalam sambutannya, Wapres menyebut pentingnya seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam menghormati hak orang lain dan melakukan pemenuhan HAM agar Indonesia dapat menjadi bangsa yang lebih tangguh dan beradab.

Wapres juga memberikan penghargaan kepada beberapa instansi vertikal yang berkomitmen dalam penegakan HAM seperti Kepolisian RI, Kejaksaan RI, TNI, dan Badan Pertanahan Nasional/ATR. Wapres juga memberikan penghargaan kepada pimpinan pemerintah provinsi yang membina 60% atau lebih daerah kabupaten/kota Peduli HAM.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]