Strategi Menperin Siapkan SDM Bisa Langsung Kerja Sesuai Kebutuhan Industri


Rabu,28 Desember 2022 - 09:16:39 WIB
Strategi Menperin Siapkan SDM Bisa Langsung Kerja Sesuai Kebutuhan Industri sumber foto merdeka.com

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita tengah berupaya menyelaraskan pasokan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kebutuhan industri. Salah satunya dengan membangun fasilitas pendidikan berupa gedung baru untuk SMK-SMAK Bogor. Sekolah ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan SDM bidang analis kimia industri.

Dilansir dari laman merdeka.com. "Kita akan membangun pendidikan vokasi yang menjadi best practice kemitraan yang link and match antara dunia pendidikan dan dunia Industri," kata Menperin Agus

Menperin memaparkan setiap insan di Indonesia yang saat ini berjumlah 275 juta jiwa memiliki hak yang sama memperoleh pendidikan yang layak. Oleh karena itu, negara memberikan layanan pendidikan yang dapat diakses dan dijangkau, baik yang kalangan mampu maupun yang kurang beruntung.

Menperin menambahkan, kunci keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi terletak pada orientasi penyelenggaraan yang berfokus pada pemenuhan permintaan dan bukan pada pasokan. Untuk itu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung lahirnya SDM kompeten dalam mendukung kinerja industri nasional.

"Sejak tahun lalu Bapak Presiden telah mengamanatkan untuk melakukan perubahan mendasar pengelolaan pendidikan dan pelatihan vokasi yaitu dengan melakukan orkestrasi secara menyeluruh sebagaimana telah dilakukan oleh negara-negara yang sukses mengelola SDM nya," kata Menperin.

Hal itu dinilai penting karena cara tersebut merupakan upaya Bangsa Indonesia untuk keluar dari pendapatan menengah (middle income trap) menuju negara berpendapatan tinggi.

Strategi yang ditempuh pemerintah, salah satunya diwujudkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, yang mengubah pola pendidikan dan pelatihan vokasi yang berorientasi pasokan menjadi berorientasi permintaan.

Hal itu dimaksudkan agar program pendidikan dan pelatihan vokasi menghasilkan tenaga kerja yang selaras dengan kebutuhan industri dan juga mampu berkembang menjadi pengusaha mandiri.

Langsung Terserap Industri

Menurut Menperin, saat wisuda lulusan SMAK Bogor sudah langsung terserap bekerja di industri dan saat ini menjadi SMK terbaik di negeri ini diantara 14.199 SMK yang ada. Keberhasilan pendidikan vokasi di SMAK Bogor terletak pada jalinan kemitraan dengan industri. Dengan kemitraan yang terbangun, lanjutnya, maka akan mengurangi permasalahan ketidaksesuaian antara pasokan dan permintaan penyediaan SDM Industri.

Selain itu fokus SMAK Bogor pada satu bidang keilmuan analisis kimia menjadikan pembeda diantara unit pendidikan vokasi sehingga konsisten mencari mitra dan mudah dalam mengembangkan diri. "Keberhasilan itu juga ingin kita multiplikasi sehingga SMAK Bogor bisa menjadi laboratorium hidup yang terus dapat berkembang, tidak hanya di tingkat nasional tapi kita dorong juga berkiprah di tingkat global," kata Menperin Agus.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan mengungkapkan bahwa upaya pengembangan SMK-SMAK Bogor ini merupakan bagian dari strategi Kemenperin dalam menyiapkan SDM industri yang kompeten.

"Karena dengan penyiapan SDM industri kompeten akan dapat mendorong kinerja sektor industri, selain upaya penarikan investasi dan penguasaan teknologi. Untuk itu, Kemenperin memiliki berbagai strategi pengembangan SDM industri yang tertuang keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1009 tahun 2021 tentang BPSDMI Corporate University,' jelasnya.

Menurut Arus, pekerjaan konstruksi pembangunan gedung dan fasilitas pendidikan SMK-SMAK Bogor akan selesai pada semester I tahun 2024 bersamaan dengan pengisian peralatan praktik workshop dan laboratorium. "Dengan demikian gedung pendidikan SMK-SMAK Bogor yang baru ini akan dapat dioperasikan pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2024/2025,' ungkapnya.

(iv)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]