Tips Sehatkan Tabungan di Masa Krisis


Kamis,29 Desember 2022 - 09:12:44 WIB
Tips Sehatkan Tabungan di Masa Krisis sumber foto merdeka.com

Dunia tengah dihadapi dengan desas-desus yang mengatakan bahwa kondisi ekonomi yang menunggu di depan tidak terlihat baik-baik saja. Di tengah kebingungan ini mungkin ada ketakutan yang muncul terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan uang dimiliki saat ini.Adanya pandemi COVID-19 memang menyebabkan situasi sekitar, terutama situasi ekonomi berada di titik yang tidak baik. Dampak nyatapun terlihat dari banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) dan juga usaha-usaha yang terpaksa menggulung tikar.

Dilansir dari laman merdeka.com. Selain itu, berbagai permasalahan di beberapa negara, seperti perang Rusia dan Ukraina juga berdampak pada ekonomi dunia. Terjadinya situasi yang tidak normal ini membuat banyak masyarakat bingung bagaimana menjaga dana yang dimiliki untuk tetap sehat.Berikut beberapa tips yang bisa membantu lebih lagi untuk terus meningkatkan kesehatan dana dalam tabungan, dikutip OCBC NISP.

1. Hindari Utang Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit pastinya digemari karena kemudahannya serta berbagai manfaat yang biasanya menyertai penggunaannya sebagai alat pembayaran. Namun, perlu hati-hati dan bijaksana jangan sampai keasikan menggesek kartu sampai tabunganmu yang kritis.

Saat menghadapi situasi yang sedang tidak sehat, kamu lebih baik segera menyelesaikan seluruh utang yang mungkin belum kamu selesaikan untuk membebaskan tabunganmu dari ikatan bunga utang yang bisa saja tiba-tiba membesar nantinya.

2. Manfaatkan Keuntungan Obligasi

Dana yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk membeli obligasi dan investasi ini bisa kamu gunakan juga untuk menjadi asset yang mendukung kestabilan keuanganmu. Selain itu, nilai obligasi juga terhitung selalu berada di atas suku bunga acuan karena angka inflasi yang rendah.

3. Siapkan Cadangan Dana Darurat

Dana darurat sesuai dengan namanya bisa menjadi sosok penyelamat saat tabungan utamamu mengalami krisis. Maka dari itu, ada baiknya kamu sudah menyisihkan uangmu untuk menumpuk dana darurat sejak dini. Menyiapkan dana darurat bisa kamu mulai dengan misal menyisihkan sebagian gaji pokok maupun penghasilan tambahan atau passive income.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]