Mengenal Keju Analog Berbasis Sawit Rendah kolesterol


Selasa,03 Januari 2023 - 10:34:06 WIB
Mengenal Keju Analog Berbasis Sawit Rendah kolesterol sumber foto infosawit.com

Dalam beberapa tahun terakhir, untuk mengubah sensorik, profil nutrisi dan menghasilkan keju bebas kolesterol, minyak nabati biasanya digunakan sebagai pengganti lemak susu dalam produksi keju. Pilihan bahan baku itu jatuh pada minyak sawit dan produknya digunakan sebagai pengganti lemak susu dalam produksi keju analog berbasis kelapa sawit. Alasannya lantaran kandungan asam lemaknya yang seimbang, dan adanya antioksidan alami seperti tokoferol dan tokotrienol yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, minyak sawit banyak digunakan sebagai pengganti lemak susu pada produk keju konvensional.

Dilansir dari laman infosawit.com. Selain itu, banyak penelitian telah melaporkan penggunaan minyak sawit dan produknya dalam pembuatan keju analog telah menghasilkan produk akhir yang menunjukkan atribut organoleptik yang sebanding dengan keju alami, tetapi dengan profil nutrisi yang lebih baik dan kandungan kolesterol yang lebih rendah.

Minyak sawit banyak digunakan dalam produksi pengganti keju seperti mozzarella, krim keju dan keju kashar (keju semi-keras yang dapat diiris). Menurut Karimah dkk. (2001), penggunaan minyak sawit dalam formulasi analog mozzarella memberikan sifat fungsional yang mirip dengan keju mozzarella berbasis susu.

Studi lain mencatat bahwa minyak sawit dapat digunakan dalam produksi keju kashar dengan skor sensoris yang lebih tinggi, menjadikan minyak sawit sebagai alternatif yang dapat diterima untuk produksi keju kashar yang dapat memenuhi permintaan pasar dan konsumen tanpa kehilangan kualitas yang signifikan.

Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) juga telah mengembangkan teknologi untuk memproduksi analog keju krim berbasis kelapa sawit yang menawarkan keserbagunaan fungsional ke analog keju krim, dengan penampilan dan tekstur produk akhir yang hampir identik dengan keju krim berbasis susu, tetapi dengan peningkatan kualitas gizi.

 (iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]