Kisah Sukses Pemuda Bangun Start-up, Usia Baru 19 Tahun Punya Harta Rp1,8 Triliun


Senin,09 Januari 2023 - 10:00:06 WIB
Kisah Sukses Pemuda Bangun Start-up, Usia Baru 19 Tahun Punya Harta Rp1,8 Triliun sumber foto merdeka.com

Tak banyak yang menyangka, pengusaha muda asal India bernama Kaivalya Vohra sudah memiliki harta kekayaan sebanyak USD 120 juta atau sekitar Rp1,8 triliun. Padahal usianya baru 19 tahun. Vohra masuk dalam daftar orang kaya termuda menurut India’s The Economic Times. Pada 2021, remaja ini mendirikan perusahaan pengiriman bahan makanan Zepto bersama mitra bisnisnya Aadit Palicha.

Dilansir dari laman merdeka.com. Dia mendapatkan uang dari hasil keringatnya sendiri membangun perusahaan. Bukan melanjutkan bisnis yang dikelola keluarga atau harta warisan. Awalnya Vohra dan Palicha sama-sama belajar ilmu komputer di Universitas Stanford. Namun saat pandemi melanda dan kelas online, keduanya memutuskan untuk mengambil jeda perkuliahan demi mengejar usaha lain.

Keduanya pun meluncurkan aplikasi belanja bahan makanan online bernama Zepto. Aplikasi ini mengirimkan bahan makanan langsung ke depan pintu pengguna hanya dalam waktu 10 menit. Sejak saat itu, bisnisnya terus tumbuh menjadi perusahaan yang sampai saat ini masih berkembang. “Pada saat gap year kami berakhir, kami telah mengumpulkan cukup banyak modal dan berkembang di luar Mumbai. Tidak perlu khawatir pada saat itu jika kami ingin melanjutkan studi atau meningkatkan Zepto,” Vohra.

Namun, orang tua mereka tidak merestui keputusan tersebut. Apalagi untuk meninggalkan perkuliahannya sehingga perlu sedikit diyakinkan. “Awalnya, mereka (orang tua saya) skeptis saya tidak mendapatkan gelar. Tapi mereka menyerah karena mereka menyaksikan bisnis berkembang dengan baik,” tambah

Padahal bisnis yang dijalankan Vohra dan Palicha berhasil karena peminat belanja bahan makanan online berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Sebagai chief technology officer Zepto, Vohra mengatakan perilaku konsumen India telah berubah sejak pandemi. Mereka menjadi lebih menghasilkan cara baru dalam melakukan sesuatu.

“Ketika kami memulai ini, tidak ada yang berpikir bahwa pengiriman 10 menit akan menjadi suatu hal, dan sekarang kami telah mencapai titik di mana ini adalah ruang dengan pertumbuhan tercepat," kata dia. "Pergeseran konsumen yang terjadi selama Covid dalam hal pemesanan online hadir untuk tetap dengan kenyamanan yang dibawa oleh perdagangan cepat,” jelasnya lebih lanjut.

Sejak diluncurkan, start-up yang berbasis di Mumbai ini telah mengalami lonjakan permintaan yang dramatis dan sekarang tersedia di tujuh kota terbesar di India. Menurut Forbes, Zepto telah mengumpulkan total dana sebesar USD 360 juta dan perusahaan tersebut sekarang memiliki valuasi sekitar USD 900 juta. Vohra sangat antusias dengan ekosistem start-up India, yang saat ini menjadi yang terbesar ketiga di dunia.

Perubahan tersebut patut dipuji selama 10–15 tahun terakhir. Bisnis yang dijalaninya bergerak maju dari menyediakan layanan untuk membangun produk. Dengan bertambahnya populasi kelas menengah, Zepto menjual produk lebih banyak. "Saya sangat yakin bahwa dekade berikutnya akan menjadi dekade inovasi cepat India,” kata dia. Sebelumnya, Vohra dan Palicha juga sempat mendirikan perusahaan pengiriman bahan makanan prekursor pada tahun 2020 bernama Kirana Kart. Akan tetapi, menurut profil LinkedIn Vohra, bisnis itu hanya bertahan setahun sebelum Zepto lahir.

Pria berusia 19 tahun itu menggambarkan pengalaman pertamanya dalam bisnis pengiriman bahan makanan begitu kacau tapi menyenangkan. "Ini adalah pertama kalinya kami membuat sesuatu yang dapat diskalakan dan setiap kali kami melakukan pengiriman, kami akan duduk dan mengobrol dengan pelanggan dan menanyakan apa yang mereka sukai, dan apa yang tidak mereka sukai. Itu adalah pengalaman yang cukup memuaskan," ujar dia.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]