Mengenal Seluk Beluk Agribisnis Kelapa Sawit


Selasa,24 Januari 2023 - 11:11:43 WIB
Mengenal Seluk Beluk Agribisnis Kelapa Sawit sumber foto infosawit.com.

Mendalami agribisnis kelapa sawit seolah tak pernah bosan dan habis untuk dipelajari. Apalagi bagi para pekebun atau masyarakat petani, yang tidak memiliki pengalaman di sektor ini, maka belajar dan mendalami agribisnis kelapa sawit wajib hukumnya. Jika tidak paham, maka yang ada akan terperosok ke dalam jurang masalah. Tidak sedikit para pekebun pemula dan masyarakat utamanya para petani yang masuk ke sektor kelapa sawit akhirnya menjumpai kesulitan, dan bahkan sampai gulung tikar.

Dilansir dari laman infosawit.com. Memang, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di lapangan acap menjadi penarik siapa saja untuk masuk ke sektor ini, namun siapa sangka angan-angan itu akhirnya harus buyar, lantaran produktivitas rendah dan berujung pada pendapatan yang tidak sesuai harapan, atau bahkan merugi.  Sebab itu penerapan Good Agricultural Practices (GAP) menjadi kunci utama dalam keberhasilan mengelola perkebunan kelapa sawit. Guna memahami apa dan bagaimana menerapkan GAP, buku buah karya Maruli Pardamean, praktisi dan penulis rutin di Majalah infoSAWIT, yang berjudul “Kupas Tuntas Agribisnis Kelapa Sawit, Mengelola Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Secara Efektif dan Efisien” bisa menjadi salah satu sumber bacaan dalam membangun usaha perkebunan kelapa sawit.

Buku yang sebagian isinya adalah tulisan Maruli Pardamean di Majalah InfoSAWIT ini bakal mengupas secara tuntas mengenai agribisnis kelapa sawit, bahkan dilengkapi pula dengan rekomendasi pemupukan dan norma kerja. Pembahasan buku ini cukup mudah dan gampang dipelajari, dengan jumlah halaman sebanyak 356, buku ini bakal menyuguhkan berbagai aspek agribisnis di kelapa sawit. Misalnya, bagaimana cara memelihara tanaman dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman belum menghasilkan, pemeliharaan tanaman menghasilkan, sampai pengangkutan buah.

Bahkan, untuk pelaku perkebunan, dibuku ini dibahas mengenai audit perkebunan kelapa sawit, pengendalian pengolahan, menghitung produksi CPO dan kernel sampai pemanfaatan limbah kelapa sawit. Dengan demikian jelas, pembaca bakal disuguhi informasi yang menyeluruh mengenai agribisnis kelapa sawit. Jadi tunggu apa lagi, jika ingin paham mengenai seluk beluk kelapa sawit baca saja bukunya

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]