Mau Bisnis Anda Sukses, Ikuti 5 Tips Marketing Ini


Selasa,28 Februari 2023 - 08:29:06 WIB
Mau Bisnis Anda Sukses, Ikuti 5 Tips Marketing Ini sumber foto merdeka.com

Merek adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu bisnis. Merek bisa menjadi identitas produk yang dijual, sekaligus sebagai daya tarik agar konsumen mau membeli produk tersebut. Sehingga pentingnya pemasaran merek pada suatu produk, terutama pada tren pemasaran di era digital ini kerap berkembang sehingga banyak bermunculan strategi baru agar merek suatu produk bertahan dan naik kelas.

Dilansir dari laman merdeka.com. Pelaku bisnis harus memiliki strategi pemasaran yang merupakan salah satu strategi dalam memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Terutama, ketika ekonomi bergerak lambat, pebisnis dan eksekutif mungkin mulai merasa khawatir bagaimana mereka akan bertahan. Sebab, konsumen memperlihatkan kecenderungan mengurangi belanja mereka.

John Hall, sebagai Penasihat Pemasaran menilai bahwa masih ada kesempatan bagi pembisnis ataupun eksekutif mengahadapi berbagai situasi pergerakan ekonomi yang lambat. "Kondisi seperti ini dapat mendorong para pemimpin perusahaan untuk mengambil tindakan yang mencerminkan perilaku konsumen," ujar Jhon Hall dikutip melalui Forbes, Senin (27/02).

Di era perkembangan zaman sekarang dalam menjalankan bisnis dapat memanfaatkan media sosial, digital marketing, dan e-commerce sehingga memudahkan bagi para pembisnis untuk dapat meningkatkan penjualan mereka, salah satunya melalui website dan social media suatu perusahaan sehingga pemasaran merek tetap relevan dengan perkembangan zaman. Dilansir dari Entrepreneur.com, berikut 5 tips pemasaran untuk kesuksesan merek yang telah diteliti berdasarkan tren 2023 yang paling memengaruhi pemasaran digital.

1. Pemasaran Influencer Media Sosial

Menurut penelitian Edelman, hanya satu dari tiga konsumen yang mengatakan bahwa mereka dapat mempercayai sebagian besar merek tempat mereka membeli. Selain itu, 67% pelanggan setuju bahwa mereka mungkin membeli produk perusahaan karena reputasinya yang baik, tetapi mereka akan berhenti jika mereka tidak mempercayai perusahaan tersebut. Untuk berhasil dalam pemasaran influencer pada tahun 2023, sebaiknya rancang strategi pemasaran influencer. Dengan strategi yang solid, akan memilih influencer yang tepat untuk meningkatkan kredibilitas dan kesadaran merek dengan target pasar perusahaan, meningkatkan penjualan dalam jangka panjang.

Setiap kampanye pemasaran memiliki banyak fungsi berulang yang dapat diotomatisasi dengan alat yang tepat. Ini adalah proses sehari-hari seperti penugasan proyek, posting media sosial, permintaan proyek baru, perpesanan, pemasaran email, pengingat tugas, dan pembaruan status alur kerja. Tugas pemasaran berulang ini dapat menghabiskan waktu produktif sehingga mencegah dalam menyelesaikan fungsi lain yang lebih produktif seperti membuat konten pemasaran baru atau menganalisis wawasan penting dari data pemasaran Anda.

Alat otomasi sangat penting saat ini, mengingat sebagian besar pemasaran digerakkan oleh data. Secara konvensional, alat otomasi telah mendukung pengumpulan data dan pengamatan perilaku. Namun pada tahun 2023 dan tahun-tahun berikutnya, data akan memajukan pemasaran berbasis sinyal , yang akan menginterpretasikan sinyal dari pelanggan dan membantu lebih memahami apa yang diinginkan pelanggan, baik sekarang maupun di masa mendatang. Alat otomatisasi generasi berikutnya belajar dari data pelanggan lama dan memprediksi tindakan mereka di masa mendatang. Dengan demikian, Anda akan diberdayakan untuk mengotomatiskan pesan yang menangani kebutuhan pelanggan di masa mendatang. Ini adalah inovasi yang disambut baik, mengingat betapa banyak upaya yang diperlukan untuk memperoleh wawasan utama dari analitik prediktif secara manual.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]