Terapkan 7 Days Repo Rate, Suku Bunga Perbankan Bisa Turun


Jumat,29 Juli 2016 - 18:28:06 WIB
Terapkan 7 Days Repo Rate, Suku Bunga Perbankan Bisa Turun foto: detik.com

Bank Indonesia (BI) mulai 19 Agustus 2016 mendatang tidak lagi mematok suku bunga kredit menggunakan BI rate. Mulai pertengahan Agustus 2016, bank sentral Indonesia ini akan menerapkan 7 days repo rate.

Berbeda dengan BI rate yang berlaku selama satu tahun penuh, 7 days repo rate akan berlaku sepanjang satu minggu. Saat ini, 7 days repo rate berada pada level 5,25% atau lebih rendah dari BI rate sebesar 6,5%. Penerapan 7 days repo rate juga diharapkan mampu mempengaruhi suku bunga perbankan ke arah yang lebih rendah. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"BI rate 6,5% 19 Agustus tidak ada lagi. Kami ganti dengan BI 7 days repo. BI repo rate itu 5,25%. Kami harapkan setelah Agustus ada juga perubahan struktur suku bunga di pasar. Mudah-mudahan itu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi," terang Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara saat membuka diskusi Diversifikasi Ekonomi untuk Mendorong Pertumbuhan yang Berkelanjutan di Kantor BI Lampung, Jumat (29/7/2016).

Selain itu, belakangan ini, Indonesia juga tengah dibanjiri dana asing yang masuk ke pasar modal. Akibatnya, nilai tukar rupiah ikut menguat atas dolar Amerika Serikat (AS). Namun, pihaknya menilai penguatan rupiah terhadap dolar AS yang terlalu tinggi juga tidak baik.

Nilai tukar rupiah yang terlalu kuat terhadap dolar AS akan menyebabkan ramainya barang impor ke Indonesia dan juga anjloknya ekspor. "Kita itu tidak boleh terlalu lemah tidak boleh terlalu kuat. Lemah manufaktur impor repot, teman-teman utang valas repot, ekonomi juga stagnan. Tapi kurs yang terlalu kuat sementara kita defisit ekspor, impor barang dan jasa akan membuat orang terus mengimpor. Sesuatu produk yang bisa kita produksi akan kita impor," tutup Mirza dilansir detik.com(*)

Parl-3180.


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]