Kata Sri Mulyani soal Ungkap Pemda yang Timbun Uang di Bank


Sabtu,06 Agustus 2016 - 17:21:28 WIB
Kata Sri Mulyani soal Ungkap Pemda yang Timbun Uang di Bank Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (foto: int)

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan total dana pemerintah daerah (pemda) yang disimpan pada perbankan mencapai Rp 214 triliun. Apa kata Menkeu?

Jokowi juga sekaligus merinci daftar nama 10 provinsi, kabupaten dan kota yang menimbun dana paling besar. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa itu tidak bertujuan untuk mempermalukan pemda.

"Jadi ini tujuannya tidak untuk mempermalukan atau menyudutkan, tapi betul-betul agar uang yang dikumpulkan dan disalurkan itu bisa digunakan setepat mungkin, sesuai dengan aturan, sesuai dengan waktu," terangnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Dana tersebut sangat penting peranannya untuk mendorong perekonomian di daerah. Terutama untuk daerah yang selama ini tidak memiliki sumber pertumbuhan sendiri. "Sehingga perekonomian, terutama masyarakat dan masyarakat yang miskin bisa mendapatkan manfaat sesuai dengan didesain awal. Itu yang mungkin sumber yang paling penting, atau klarifikasi yang paling penting. Jadi saya tidak menyalahkan karena saya memang tidak bertujuan begitu," tegasnya.

Sri Mulyani mengaku memberikan data tersebut kepada Presiden Jokowi sebelum rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dihadiri Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia. Ini sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi.

"Pak Presiden selalu ingin mendapatkan informasi yang terkini mengenai berapa dana di kas negara maupun di kas daerah. Posisinya seperti apa, karena beliau memang detil. Jadi ya kita lakukan," papar mantan Managing Director Bank Dunia tersebut dilansir detik.com.

Mau tahu siapa saja Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi yang menimbun uangnya di bank seperti diungkapkan oleh Presiden Jokowi? Baca berita sebelumnya di: http://riaubisnis.co/news/detail/806/riau-masuk-10-provinsi-yang-paling-besar-endapkan-dana-di-bank

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]