Gedung Ini dari Gereja jadi Masjid, Berubah Gereja Lagi


Senin,29 Agustus 2016 - 09:53:23 WIB
Gedung Ini dari Gereja jadi Masjid, Berubah Gereja Lagi Mezquita de Cordoba, gereja yang pernah jadi masjid kemudian jadi gereja lagi.(foto: detik.com)

Cordoba di Andalusia merupakan kota peninggalan Islam di Eropa. Di sini ada Mezquita de Cordoba, gereja yang pernah jadi masjid kemudian jadi gereja lagi.

Jika kamu berkesempatan liburan ke Spanyol, jangan lupa mampir ke Cordoba untuk melihat salah satu peninggalan Islam di Eropa. Adalah Mosque-Cathedral of Cordoba, atau yang biasa dikenal dengan Mezquita de Cordoba (Masjid Agung Cordoba) yang sekarang beralih fungsi menjadi gereja katedral untuk umat Katolik.

Masjid ini pada awalnya merupakan gereja untuk umat Kristen Visigoth. Masjid ini dibangun di atas tanah tepatnya di Calle del Cardenal Herrero, Cordoba, Andalusia, Spanyol dengan luas sekitar 309 meter persegi.

Namun setelah Abd al-Rahman I menguasai daerah Iberia, gereja tersebut dibagi menjadi gereja dan juga masjid untuk umat Muslim. Perubahan tersebut dikepalai oleh Abd al-Rahman sendiri yang menganut arsitektur khas Maroko.

Arsitektur masjid ini menganut selain khas Maroko juga bergaya Moorish dan Renaissance, yaitu campuran antara Yunani kuno dan Romawi. Namun dapat terlihat banyak bentuk yang mirip dengan arsitektur Masjid Damaskus.

Untuk memasuki bangunan ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Namun pada saat detikTravel ke sana, sedang ada acara misa untuk umat Katolik. Jadi, bangunan ini tertutup untuk umum, hanya umat Katolik yang melakukan misa yang boleh masuk.

Arsitektur dan desain dari bangunan ini sungguh menawan. Dari luar tampak seperti benteng pertahanan dengan ornament-ornamen khas Spanyol. Dapat ditemukan gerbang masuk yang menjulang tinggi sekitar 15 meter. Juga tempat di mana umat Katolik memberikan penghormatan kepada Bunda Maria, tak jauh dari gerbang masuk.

Tampak desain interior yang mirip dengan Masjid Nabawi, dengan penerangan yang bergaya Gothik. Berrita dilansir detik.com ini menjelaskan, rombongan juga ikut kagum melihat bangunan ini. Namun, tak sedikit dari mereka menyayangkan mengapa bangunan ini sekarang sudah beralih fungsi.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]