Sejak 1910, Begini Caranya Kopi Instan Dibuat


Sabtu,03 September 2016 - 09:58:39 WIB
Sejak 1910, Begini Caranya Kopi Instan Dibuat (foto: int)

Kopi intsan disukai karena praktis. Dibuat dengan proses panjang, kopi ini juga tak kalah enak dengan kopi bubuk. Kopi instan terkenal karena mudah dibuat, rasanya kuat, terksturnya kering dan mudah larut. Meskipun rasanya tak sesegar kopi asli dari biji kopi segar . 

Kopi instan telah ada sejak 1910, sudah lebih dari seratus tahun. Namun tak banyak orang tahu bagaimana kopi ini diproduksi. Fakta pertama, kopi instan terbuat dari biji kopi asli. Seluruh biji dipanggang, dihaluskan dan diseduh sebelum diproses jadi kopi instan. Disebut kopi instan karena semua air hasil seduhan tadi diuapkan dan tersisa kristal dehidrasi kopi. Kristal ini jika ditambahkan air kembali menjadi kopi.

Dilansir dari huffingtonpost.com (26/8/16), ada dua cara untuk membuat kopi instan, spray drying dan freeze drying. Proses spray drying dilakukan dengan menyemprotkan konsentrat kopi cair dalam bentuk kabut halus ke udara kering yang sangat panas 266 C. Saat air pada kopi telah menguap dan kering menjadi kristal kecil bulat. 

Proses freeze drying mencakup beberapa langkah. Pertama, kopi dimasak sampai jadi ekstrak. Ekstrak kopi didinginkan pada suhu sekitar 11C menjadi coffee slushie yang kemudian didinginkan di ban berjalan sampai bersuhu -22C dan membentuk lembaran es kopi. Kemudian dipecah menjadi butiran dan dikeringkan hingga menjadi butiran kopi instan. 

Kedua metode tak mengurangi rasa dan kandungan kafein pada kopi instan, meskipun proses freeze dryingpunya aroma lebih utuh. Berita dilansir detik.com, dalam beberapa kasus, bubuk kopi kemudian ditambah dengan senyawa rasa dan aroma agar semakin mirip dengan kopi segar. 

Jika Anda bukan peminum kopi, tidak ada menyangkal bahwa ini adalah teknologi yang mengagumkan. Karena dalam bentuk konsentrat, kopi lebih mudah digunakan di kue dan makanan lainnya. Jika Anda adalah tipe orang yang menikmati secangkir instan, proses itulah yang membuat kopi Anda selalu enak. Tetapi tidak semua merek kopi instan memakai proses yang sama.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]