Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan untuk 5 Hal Ini


Selasa,08 November 2016 - 21:50:32 WIB
Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan untuk 5 Hal Ini (foto: int)

Ampas kopi biasanya langsung dibuang. Padahal sisa pembuatan minuman kopi ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Pencinta kopi tentu gemar menggiling biji kopi sendiri. Usai penggilingan, jangan buru-buru membuang ampas kopi. Anda bisa memanfaatkannya seperti rekomendasi The Kitchn (8/11) berikut.

1. Pupuk kompos

Ampas kopi mengandung banyak nitrogen sehingga bagus dijadikan pupuk kompos. Dalam tumpukan kompos, taruh 1 rasio daun-daunan, 1 rasio rumput segar, dan 1 rasio ampas kopi. Pastikan sebelumnya ampas kopi yang digunakan bukan ampas kopi segar. Melainkan ampas kopi yang sebelumnya sudah diurai sehingga bisa dipakai sebagai pupuk tanaman.

2. Pembersih piring

Karena teksturnya yang kasar, ampas kopi bisa digunakan sebagai pembersih noda piring membandel. Caranya, bungkus ampas kopi dalam lap lalu ikat ujung lap sehingga ampas kopi tetap berada didalamnya. Lap pun siap dipakai untuk bersihkan piring.

3. Pembersih kulit

Selain bersihkan piring, ampas kopi juga bisa bersihkan kulit karena mampu singkirkan sel-sel kulit mati. Caranya, campurkan minyak zaitun dengan ampas kopi. Lalu aplikasikan pada kulit dan gosok perlahan.

4. Membuat furnitur tampil baru
 

Furnitur yang kusam karena goresan dan coretan bisa dibersihkan dengan ampas kopi. Untuk memanfaatkannya, campurkan ampas kopi dengan 1/4 cup air hangat dan 1/4 cup cuka. Aduk rata lalu diamkan 60 menit. Gunakan campuran tersebut untuk mengelap permukaan furnitur. Tampilannya dijamin seperti baru lagi.

5. Pengharum kulkas
Sama seperti baking soda, ampas kopi bisa menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Letakkan semangkuk ampas kopi di dalam kulkas untuk menyingkirkan aroma atau bau di dalamnya.(detik.com)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]