Buah atau Kacang, Mana yang Lebih Cepat Bikin Kurus?


Rabu,31 Juli 2019 - 16:38:56 WIB
Buah atau Kacang, Mana yang Lebih Cepat Bikin Kurus? sumber photo detik.com

Soal menurunkan berat badan, kebanyakan diet apapun pasti menyarankan untuk mengonsumsi buah dan kacang-kacangan. Dua hal ini juga menjadi cemilan sehat yang baik, namun mana yang paling cepat bikin kurus?

Dikutip dari Times of India, beberapa studi menyebutkan bahwa kacang mengandung zat-zat yang bisa menekan rasa lapar, sehingga membantumu merasa kenyang dalam waktu lama. Namun studi lain pada buah-buahan seperti pisang dan pepaya juga menjadi pilihan tepat untuk membuang lemak-lemak berlebihan dari tubuh.

Beberapa orang memilih untuk menghindari buah karena kandungan alaminya juga bisa berkontribusi pada kegemukan. Namun buah mengandung serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan lemak sehat yang ada di dalam kacang yang mampu mencegah kamu 'ngidam' makanan makanan tak sehat. Selain itu kacang-kacangan juga membantu pertumbuhan otot serta baik untuk kesehatan jantung.

Masih bingung mana yang tepat untuk dietmu? Ketahui perbedaannya di bawah ini:

1. Buah-buahan
Buah kaya akan serat dan pemanis alami. Gula dalam buah tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis di dalam aliran darah, sehingga cukup aman untuk menghindari risiko diabetes. Namun ketahui bahwa buah segar lebih baik daripada jus buah, apalagi yang dijual dalam bentuk kemasan.

Segelas jus jeruk memiliki sekitar 21 gram gula dan tak memiliki serat sama sekali. Kandungan gula dalam jus bisa meningkatkan kadar gula darah. Namun fruktosa dalam buah segar juga tidak meningkatkan kadar penekan rasa lapar.

Selain soal gula darah, buah-buahan seperti semangka memiliki kadar air yang tinggi dan bisa membantumu tetap terhidrasi. Beberapa jenis buah juga kaya akan antioksidan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

2. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang memiliki lemak sehat poli- dan monounsaturated. Kacang dianggap makanan terbaik untuk menjaga berat badan, karena segenggam kacang saja bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kacang juga rendah kalori, misal pada 100 gram almond mengandung 580 kilo kalori (kcal). Pada satu buah burger keju, jumlah kalorinya bisa dua kali lebih banyak dan lemaknya empat kali lebih banyak.

Kacang almond, walnut, dan mede menjadi kacang yang terbaik untuk menurunkan bobot walau mengandung agak sedikit lebih banyak kalori. Dan mengonsumsi kacang juga bisa mencegahmu ngemil sewaktu-waktu, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]