Cegah Pneumonia Tiongkok Masuk Indonesia, Yuk Terapkan Saran Menkes Terawan Ini


Senin,13 Januari 2020 - 10:55:38 WIB
Cegah Pneumonia Tiongkok Masuk Indonesia, Yuk Terapkan Saran Menkes Terawan Ini sumber foto okezone.com

Penyakit pneumonia  misterius tengah mewabah di Wuhan, Tiongkok. Terkait dengan pemberitaan tersebut, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto imbau Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melakukan beberapa saran darinya.

Dilansir dari laman okezone.com, sampai saat ini memang WHO belum melakukan pembatasan perjalanan ke Tiongkok. Namun, Menkes Terawan mengimbau masyarakat untuk membiasakan berperilaku hidup sehat, seperti cuci tangan sebelum makan, mengonsumsi makanan bergizi, makan buah dan sayur, serta melakukan aktivitas fisik setidaknya setengah jam setiap hari. Itu semua demi mencegah tertularnya penyakit pneumonia . 

Menkes Terawan juga meminta agar masyarakat memakai masker agar tidak menularkan penyakit pneumonia ke orang lain. Jika sakit, segeralah ke fasilitas kesehatan untuk berobat. Dikutip Okezone dari situs resmi Sehat Negeriku, Menkes Terawan mengimbau WNI yang baru saja berpergian dari Tiongkok melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup.
  2. Jika dalam perjalanan merasa berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan susah bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama, agar segera berobat menuju fasilitas kesehatan terdekat.
  3. Jika saat di Indonesia menunjukkan gejala demam, batuk, dan sukar bernapas agar segera berobat. 

Menkes Terawan meminta jika ada gejala dari penyakit pneumonia, Anda diminta untuk cek di Puskesmas. Langkah dini untuk pencegahan penyakit pneumonia juga bisa dilakukan dengan rajin cuci tangan. 

“Jika ada tanda-tanda seperti itu, agar segera ke Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan higienis diri termasuk cuci tangan. Itu yang saya minta terus digalakkan di lingkungan masyarakat,” imbau Menkes Terawan.

Sementara itu, Menkes Terawan mengatakan, hingga saat ini tidak ada laporan penularan pneumonia misterius Tiongkok ke Indonesia. Pneumonia tersebut masih diinvestigasi untuk ditemukan penyebabnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]