Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan, Epidemiolog Nilai Ini Langkah Cepat Pemerintah


Rabu,06 Januari 2021 - 11:03:35 WIB
Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan, Epidemiolog Nilai Ini Langkah Cepat Pemerintah sumber foto lifestyle.okezone.com,

Langkah pemerintah dalam upaya melakukan vaksinasi massal pencegahan virus corona atau covid-19 makin gencar dilakukan. Terbukti saat ini ribuan Vaksin Sinovac sudah mulai didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, meski pasokan Vaksin Sinovac sudah tersedia, terkait Emergency Use Authorization (EUA) atau izin darurat penggunaan terhadap vaksin tersebut belum keluar. Alhasil, vaksinasi covid-19 belum bisa dilakukan sebab harus menunggu EUA dan perizinan dari BPOM.

Terkait langkah tersebut, epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Laura Navila Yamani melihat saat ini pemerintah memiliki skenario untuk mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat. Hal ini tampak pada keseriusan pemerintah dalam melakukan distribusi Vaksin Sinovac.

"Saya melihat pemerintah memiliki skenario untuk mempercepat pemberian vaksin ke masyarakat. Perlu persiapan, terutama terkait distribusi vaksin ke daerah-daerah. Kita tahu bahwa Indonesia negara kepulauan, sehingga tidak mudah mendistribusikannya," terang Laura saat dihubungi Okezone, Rabu (6/1/2021).

Meski sudah didistribusikan ke sejumlah wilayah di Tanah Air, vaksin covid-19 belum boleh diberikan kepada masyarakat sebelum EUA dan izin dari BPOM keluar. Sebab, laporan terkait efikasi dan keamanan vaksin baru akan diteliti sebelum EUA untuk Vaksin Sinovac dideklarasikan. "EUA akan dikeluarkan ketika sudah ada analisis dari hasil uji klinis fase 3, baik efikasi maupun keamanan dari vaksin itu sendiri," tuntasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]