Baca 4 Hal Penting Ini Saat Pakai Wadah Plastik untuk Makanan


Senin,22 Februari 2016 - 11:48:43 WIB
Baca 4 Hal Penting Ini Saat Pakai Wadah Plastik untuk Makanan (foto: int)

Kotak plastik sering digunakan untuk bekal. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar wadah plastik ini aman dan bersih. Wadah plastik disebut-sebut berbahaya jika digunakan dalam waktu lama.

Selain itu, warna pada tempat makan plastik juga bisa memudar. Hal tersebut jadi indikasi pertama untuk mengganti wadah jadi yang baru. Agar lebih aman digunakan, beberapa hal ini perlu diperhatikan.

1. Bau plastik

Bau plastik pada wadah bisa dikurangi dengan cara mengisi wadah dengan air hangat kemudian tambahkan dengan 1 sendok makan baking soda. Rendam wadah dalam larutan ini sekitar setengah jam. Angkat dan bilas bersih. Jika masih bau, Anda dapat menggunakan seember air hangat, jus lemon dan satu sendok makan cuka sari apel diamkan sekitar 10 menit, angkat dan keringkan.

2. Perhatikan suhu panas

Sebelum memasukkan wadah dalam oven microwave, perhatikan label pada bagian bawah wadah. Pastikan jenis plastik yang digunakan aman untuk microwave. Selain itu, Anda juga jangan memanaskan terlalu lama.

3. Penyimpanan

Setelah menggunakan wadah plastik sebaiknya cuci bersih. Jangan meninggalkan sisa makanan dalam wadah. Hal ini dapat menimbulkan jamur sehingga akan menyebabkan bau yang tak sedap. Cuci bersih dengan sabun dan keringkan sebelum menyimpannya dalam lemari.

4. Keamanan wadah

Pastikan wadah plastik terbuat dari bahan yang aman dikonsumsi dan tidak mengandung Bisphenol A (BPA). Senyawa ini biasanya ditemukan dalam kemasan plastik bernomor 7. Agar lebih aman pilihlah tempat makan plastik nomor 2, 4 atau 5 yang bertuliskan polyethylene atau polypropylene. Berita yang dilansir detik.com ini memuat, tipe plastik ini tidak berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]