Jelang Idul Fitri Harga Sawit Turun Tajam


Minggu,03 Juli 2016 - 12:43:28 WIB
Jelang Idul Fitri Harga Sawit Turun Tajam Tandan buah segar kelapa sawit. (foto: Parlindungan)

Menjelang lebih kurang sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, para petani sawit di Kabupaten Kampar dihadapkan pada kenyataan pahit dengan turunnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

Seperti dituturkan oleh Zamri, salah seorang petani sawit di Bangkinang ketika dikonfirmasikan Riau Pos, Jumat (1/7/2016) mengatakan bahwa harga TBS pekan ini hanya berkisar Rp1.100 per kilogramnya, sedangkan dua pekan yang lalu masih berkisar Rp1.330 per kilogram.

“Kami memang sudah menduga harga TBS akan turun, karena sudah menjadi kebiasaan setiap tahun. Tetapi kami tak menduga  harga turun terlalu tajam. Sedangkan kebutuhan hidup menjelang Idul Fitri justru semakin meningkat,’’ ucap Zamri.

Disebutkannya, empat hari menjelang Idul Fitri, para petani sudah menghentikan panen, karena pabrik-pabrik juga tutup. Direncanakan panen akan kembali dilaksanakan sekitar tiga atau empat hari setelah Idul Fitri, bahkan mungkin ada yang sepekan setelah Idul Fitri. 

“Ya, karena pabrik libur, kami juga menghentikan panen. Nanti setelah Idul Fitri dilanjutkan kembali. Semoga harga setelah hari raya lebih baik dari sekarang,’’ tuturnya seperti dilansir riaupos.co.(*)

Parl-3180
 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]