Ini Cara Diet Versi si Dokter Satu Ini


Sabtu,30 Juli 2016 - 15:41:51 WIB
Ini Cara Diet Versi si Dokter Satu Ini foto: int.

 

Ada berbagai macam diet yang ditujukan untuk menurunkan berat badan. Namun dokter yang satu ini tidak butuh semua itu, ia cukup menghindari sambal untuk turun 8 kg dalam 2 bulan.

"Ini tidak ilmiah ya. Tapi coba dipikir, sambal itu fungsinya buat apa sih? Kalau tidak ada sambal, terus gimana?" kata seorang pakar metabolisme, Prof Dr Sidartawan Soegondo, SpPD-KEMD, dalam temu media di Pacific Place, Jakarta Selatan.

Maksud Prof Sidar, demikian dokter kelahiran Belanda ini biasa disapa, sambal bagi dia adalah pembangkit nafsu makan. Dengan menghindari sambal, nafsu makannya berkurang sehingga dengan sendirinya asupan kalori juga berkurang.

Demikian juga bagi pasien diabetes, berita dilansir detik.com ini juga menjelaskan, menurut Prof Sidar tidak perlu ada diet macam-macam. Yang penting porsinya terkontrol, tidak berlebihan sehingga kadar gula darahnya tetap terkendali.

Menggunakan zat-zat pemanis tanpa kalori, menurut Prof Sidar kurang dianjurkan. Sebab selama rasanya masih manis, zat tersebut akan tetap membuat orang selalu merasa butuh yang manis-manis. Jika memang benar-benar ingin mengurangi gula, maka lebih baik hindari sama sekali pemanis dalam bentuk apa pun.

Obesitas dan kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko diabetes, khususnya tipe 2. Selain aktivitas fisik yang rendah, diet tinggi kalori merupakan penyebab utama kenaikan berat badan yang diikuti pula dengan berbagai risiko penyakit termasuk diabetes.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]