Mobil Tenaga Surya Mengaspal Dua Tahun Lagi


Kamis,27 Juni 2019 - 09:58:35 WIB
Mobil Tenaga Surya Mengaspal Dua Tahun Lagi sumber photo detik.com

Sebuah perusahaan startup mobil asal Belanda bernama Lightyear telah menampilkan prototype kendaraan pertama bertenaga surya yang dapat menempuh jarak jauh. Mobil ini didesain untuk solusi dari masalah utama kendaraan listrik yang kekurangan infrastruktur pusat pengisian daya.

Mobil prototype bernama One ini dilengkapi dengan panel surya di bagian atap dan kapnya. Panel surya di mobil ini terbentang seluar 5 meter persegi secara total berlapis kaca pelindung yang diklaim cukup kuat menahan berat orang dewasa tanpa menyebabkan lecet atau retak.

Sementara itu tenaga listrik yang mampu dimaksimalkan oleh mobil ini bervariasi. Lightyear mengatakan model ini mampu beroperasi sejauh 50-70 km per hari di musim panas Belanda. Jika dikalkulasikan, dalam setahun mobil berpanel surya mampu menghasilkan total 700 kWh daya listrik.

Sayangnya pihak Lightyear masih menutup informasi mengenai performa dan spesifikasi lengkap The One. Satu-satunya yang dapat dikonfirmasi adalah mobil ini mengaplikasikan masing-masing satu motor listrik di setiap bannya dengan baterai relatif kecil, dikutip dari laman detik.com.

Selain mendapatkan tenaga dari matahari, tenaga listrik mobil ini juga didapat dari pusat pengisian daya layaknya mobil listrik saat ini. Lightyear diklaim mampu menempuh jarak 400km jika diisi ulang semalaman dengan soket 230V. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]