Bosscha: Gerhana Bulan Besok Aman Diamati Mata Telanjang


Selasa,16 Juli 2019 - 15:13:05 WIB
Bosscha: Gerhana Bulan Besok Aman Diamati Mata Telanjang sumber photo detik.com

Gerhana bulan sebagian akan muncul pada Rabu (17/7/2019) dini hari. Fenomena astronomi ini bisa diamati dengan mata telanjang tanpa membutuhkan alat optik khusus.

"Berbeda dengan pengamatan gerhana matahari yang membutuhkan filter, kalau gerhana bulan bisa diamati dan relatif aman untuk diamati mata telanjang," ujar Peneliti Observatorium Bosscha Yatny Yulianti saat dihubungi detikcom, Selasa (16/7/2019).

Gerhana bulan sebagian bisa diamati di Amerika Selatan sampai ke Asia, termasuk Indonesia. Namun waktu pengamatannya berbeda-beda.

Yatny mengatakan, gerhana ini baru akan muncul pada pukul 01.42 WIB dan puncaknya pada pukul 04.30 WIB di Indonesia atau ketika bulan hampir terbenam.

"Masyarakat yang ingin mengamati harus agak bersabar, karena tahapan gerhana ini agak panjang, mulai dari gerhana masuk ke area penumbra, jadi bayangannya masih tipis," katanya.

Waktu terbaik untuk melihat gerhana diperkirakan sekitar pukul 03.00 dini hari. Ketika itu bayangan bumi mulai terlihat 'menggigit' piringan bulan.

"Biasanya orang enggak ngeh karena perubahannya tidak begitu kentara. Baru ketika masuk umbra itu kelihatan ada sedikit tertutup, ketika porsinya sudah cukup besar kita bisa melihat secara jelas," katanya.

Fenomena ini bukanlah fenomena yang langka. Sebab setiap tahun ada musim gerhana. Namun bagi umat muslim ada salat gerhana.

"Masyarakat bisa salat pada puncaknya atau sebelum puncak sekitar pukul tiga dini hari, untuk wilayah tengah tinggal ditambah satu jam, untuk wilayah timur ditambah satu jam lagi," katanya, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]