5 Manfaat Lada Hitam, Redakan Flu hingga Cegah Kanker


Selasa,19 November 2019 - 10:48:44 WIB
5 Manfaat Lada Hitam, Redakan Flu hingga Cegah Kanker sumber foto detik.com

Lada hitam sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Dengan sengatan pedas, lada hitam ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Lada hitam yang memiliki nama latin piper albi lin adalah rempah yang memiliki kandungan kimia seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati. Lada memiliki cita rasa yang pedas, sedikit pahit, hangat, dan bersifat antipiretik. Selain difungsikan sebagai bumbu dapur yang dapat menambah citarasa suatu makanan, lada hitam juga banyak mengandung manfaat kesehatan.

Dikutip dari laman detik.com, berikut adalah 5 manfaat lada hitam untuk kesehatan jika rutin dikonsumsi.

1. Dapat mencegah kanker

Lada hitam yang sering Anda tambahkan pada beragam hidangan memiliki manfaat kesehatan yang banyak. Salah satunya dapat mencegah kanker. Sebab dalam lada terdapat zat bernama piperine yang punya banyak manfaat sehat.

Zat piperine ini telah terbukti bisa kurangi risiko kanker pada tubuh Anda, selain itu juga memiliki fungsi pencegahan dua kali lebih kuat ketika lada hitam ini dikombinasikan bersama kunyit. Kombinasi ini sangat baik karena di dalam kunyit terdapat zat bernama curcumin yang sulit diserap tubuh tanpa adanya bantuan piperine.

Selain zat piperine, lada hitam juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, flavonoid, dan karoten. Semua kandungan tersebut merupakan zat yang berungsi sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dapat menangkal radikal bebas karsinogenik. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mengonsumsi lada hitam ini setiap harinya dengan menambahkannya pada hidangan yang Anda santap.

2. Melancarkan proses pencernaan

Selain sebagai pencegah kanker, zat piperine ini juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Zat ini juga baik untuk menstimulasi lambung Anda agar lebih sehat dengan mengeluarkan lebih banyak asam lambung untuk mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh Anda. Piperine ini juga meransang pencernaan di pankreas Anda.

Piperine juga dapat meningkatkan aliran air liur Anda, sehingga dapat meningkatkan kesehatan gigi. Karena fungsi baiknya untuk kesehatan pencernaan Anda, itu akan membuat Anda terbebas dari sembelit yang menyebabkan rasa tidak enak pada perut.

Lancarnya pencernaan pada tubuh sangat baik, karena kotoran pada tubuh Anda akan diproses keluar dan lebih mudah. Anda bisa konsumsi lada ini setiap hari pada hidangan, tinggal menambahkan bubuk lada hitam agar pencernaan Anda senantiasa terjaga.

3. Meredakan flu dan batuk

Lada hitam tak hanya rempah yang dapat menyedapkan makanan, tapi juga bersifat antibakteri yang dapat meredakan flu serta batuk. Banyak orang yang mempercayai bahwa dengan 1 sendok madu yang ditambahkan bubuk lada hitam yang segar dapat mengobati flu serta batuk secara alami.

Anda juga bisa membuat lada hitam ini sebagai teh, dengan cara merebus air bersama madu dan lada hitam. Karena lada hitam memiliki efek yang dapat menghangatkan tubuh Anda, dan sangat pas untuk membantu meredakan sakit flu serta batuk Anda.

Lada juga dapat membantu mengurangi rasa sesak pada dada saat Anda merasa adanya gangguan pada paru-paru Anda. Namun lada akan bekerja dengan baik pada batuk yang basah dan berdahak dibandingkan batuk kering. Jadi jika Anda sedang merasakan tak enak pada tenggorokan Anda, tak ada salahnya menyeduh lada hitam bersama madu untuk obat alami.

4. Membantu turunkan berat badan

Lada hitam sangat baik untuk membantu usaha penurunan berat badan. Dalam lapisan luar lada hitam terdapat zat bernama fitonutrien yang bekerja untuk meningkatkan metabolisme untuk memecahkan lemak.

Zat piperin juga masih berfungsi dalam fungsi lain yaitu membantu turunkan berat badan. Bahkan sebuah penelitian dari Korea menjelaskan bahwa zat piperin ini dapat membantu untuk menghambatnya proses produksi sel lemak yang baru. Selain itu rasa pedas dari lada hitam dapat membaut Anda berkeringat, dan dapat membakar banyak kalori pada tubuh Anda.

Sangat mudah untuk membantu menurunkan berat badan menggunakan lada hitam ini, hanya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lada hitam. Makanan yang mengandung lada hitam ini bermanfaat pada metabolisme tubuh Anda. Selain melalui makanan yang mengandung lada hitam, minyak lada dan teh lada juga merupakan cara yang baik untuk menggunakan piperine dalam mendukung proses penurunan berat badan Anda.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Satu manfaat yang tak terduga dari lada hitam adalah dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Manfaat ini dapat bekerja pada tubuh Anda dengan cara mencampurkan bubuk lada hitam pada scrub yang Anda gunakan sebagai bahan exfoliator untuk tubuh Anda. Exfoliator adalah tindakan pengelupasan pada sel-sel mati kulit Anda.

Namun jangan pernah Anda langsung menggosokkan lada hitam tersebut pada kulit Anda, karena akan membuat kulit Anda terbakar. Anda harus ingat, lada hitam mengandung zat yang dapat menciptakan rasa pedas juga hangat, sehingga membakar kulit Anda pun dapat terjadi.

Selain mengangkat sel kulit mati, lada hitam ini juga berfungsi sebagai zat untuk melawan penuaan pada kulit Anda. Serta dapat menghaluskan kerutan dari dalam ke luar, sehingga Anda akan awet muda. Lada juga digunakan dalam pengobatan vitiligo yang merupakan kondisi di mana kulit kehilangan pigmentasi dan menunjukkan bercak putih. (GA)

 

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]