5 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin E yang Enak Ini Bisa Perkuat Imun Tubuh


Kamis,12 Agustus 2021 - 08:07:30 WIB
5 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin E yang Enak Ini Bisa Perkuat Imun Tubuh sumber foto food.detik.com

Salah satu fungsi vitamin E adalah menguatkan imunitas tubuh. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dari lima buah dan sayur enak ini. Vitamin E identik sebagai vitamin kulit dan kecantikan, namun selain itu vitamin E juga berperan meningkatkan imunitas tubuh.

Dilansir dari laman food. Detik.com, vitamin E mengandung antioksidan yang salah satu fungsinya melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Mengenai kebutuhannya, pria dan wanita dewasa membutuhkan 15 mg vitamin Eper hari.

Asupan vitamin E bisa didapat melalui suplemen atau dari makanan yang secara alami mengandung vitamin E. Salah satunya kelompok buah dan sayur yang enak ini. Mendapatkannya mudah dan mengolahnya pun bisa menjadi beragam hidangan. Berikut lima buah dan sayur tinggi vitamin E:

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau dengan sejuta manfaat sehat. Untuk vitamin E, tiap 100 gram bayam mengandung sekitar 2.1 mg. Jumlah ini bisa memenuhi 14% kebutuhan harian akan vitamin E.

Bayam bisa diolah dengan beragam cara, seperti dijadikan isian salad, dibuat lalapan, atau dimasak sebagai sayur bening. Namun pastikan tidak memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

Sayuran hijau ini mudah didapat di Indonesia. Harganya pun tak bikin kantong bolong. Selain bayam, sayuran hijau lain yang kaya vitamin E adalah lobak hijau, bit hijau, dan daun Swiss chard.

2. Brokoli

Sayuran tinggi vitamin E selanjutnya adalah brokoli. Di balik teksturnya yang renyah segar, brokoli mengandung 1.5 mg vitamin E dalam tiap 100 gramnya. Artinya, konsumsi 100 gram brokoli memenuhi 10% kebutuhan harian akan vitamin E.

Brokoli bisa kamu dapatkan di supermarket, pasar, dan tukang sayur sekalipun. Nutrisi lain dari brokoli adalah vitamin C yang juga punya peran meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa mengolah brokoli dengan cara sehat. Misalnya direbus dengan cepat (blansir), dikukus, atau ditumis bersama sayuran lain dan sumber protein.

3. Paprika merah

Paprika merah termasuk sayuran tinggi vitamin E yang disarankan pakar kesehatan untuk dikonsumsi. Tiap konsumsi 100 gram paprika merah bisa memenuhi 11% kebutuhan harian akan vitamin E.

Paprika merah biasanya dijadikan salah satu bahan sayuran tumis atau bisa juga diolah bersama telur dadar. Nutrisi lain dari paprika merah adalah protein, vitamin A, vitamin C, dan magnesium.

Mengonsumsi paprika merah mampu mencegah anemia karena mengandung zat besi, folat, dan vitamin B12. Saat pandemi Covid-19, makan paprika merah juga bisa mengurangi peradangan karena kandungan capsaicin di dalamnya.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah favorit para pelaku hidup sehat. Alpukat terkenal dengan kandungan lemak baiknya yang menyehatkan jantung. Selain itu, alpukat juga menjadi sumber vitamin E.

Makan setengah buah alpukat bisa memenuhi 14% kebutuhan harian akan vitamin E. Jumlahnya sekitar 2.1 mg. Kamu bisa memakan alpukat langsung sebagai buah segar atau dijadikan isian salad.

Hindari mengolah alpukat sebagai jus dengan tambahan susu kental manis ataupun gula. Hal ini akan mengurangi nilai sehat alpukat karena justru menjadikannya menu tinggi kalori.

5. Mangga

Satu lagi buah tinggi vitamin E yang bisa sering kamu konsumsi. Makan setengah buah mangga bisa memberikan kamu 1.5 mg vitamin E atau setara 10% kebutuhan harian akan vitamin E.

Mangga tergolong buah tropis yang mudah didapat di Indonesia. Mangga juga mengandung vitamin A, C, dan mineral seperti kalium. Untuk pilihan terbaik, konsumsilah mangga sebagai buah potongan. Cara lain adalah dengan menjadikan mangga sebagai isian salad atau campuran smoothies. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]