Alasan Tulang Wanita Lebih Mudah Keropos Dibanding Pria


Jumat,29 November 2019 - 09:17:26 WIB
Alasan Tulang Wanita Lebih Mudah Keropos Dibanding Pria sumber foto detik.com

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun atau mengalami pengeroposan. Hal ini biasa dirasakan pada orang yang sudah menginjak usia tua.

Dikutip dari laman detik.com, Spesialis orthopedi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Langga Sintong, SpOT, menyebut wanita lebih rentan terserang osteoporosis daripada pria. Hal ini disebabkan kadar hormon estrogen wanita akan menurun seiring bertambahnya usia.

"Wanita kenapa biasanya setelah menopause, hormon estrogen jatuh biasanya sering keropos (tulang), wanita lebih sering tidak olahraga, sehingga seiring usia, dan tidak terpapar matahari yang cukup, sehingga kekurangan vitamin D," kata dr Langga saat ditemui detikcom, pada Kamis (28/11/2019).

Kebiasaan buruk bagi beberapa wanita yang menyukai merokok serta minum minuman beralkohol juga dapat menjadi pemicu osteoporosis.

"Konsumsi alkohol, rokok juga bisa, konsumsi kopi dosis tinggi juga bisa, nutrisinya kurang, kalsiumnya kurang juga bisa, atau obat-obatan seperti steroid juga bisa membuat keropos", tambah dr Langga. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]